ITS News

Selasa, 01 Oktober 2024
25 Februari 2022, 09:02

Perketat Prokes, HMTC ITS Bentuk Satgas COVID

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Salah satu Satgas Covid HMTC ketika membagikan logistik pada Rabu (16/02).

Kampus ITS, ITS News – Dalam rangka memperketat protokol kesehatan (prokes) di lingkup Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Himpunan Mahasiswa Teknik Computer (HMTC) membentuk tim Satuan Tugas (Satgas) Covid. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan pelacakan atau tracing.

Ketua tim Satgas Covid HMTC, Muhammad Nevin memaparkan bahwa peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia terutama di wilayah Surabaya menjadi alasan pembentukan satgas Covid. Adapun Satgas Covid HMTC ini tidak bergerak sendirian, melainkan juga berkoordinasi dengan Satgas Covid unit departemen. “Hal ini bertujuan untuk menyukseskan perkuliahan hybrid, meskipun saat ini perkuliahan masih berlangsung secara daring,” tegasnya.

Lebih lanjut, Nevin menyatakan bahwa ada beberapa aksi nyata yang dilakukan oleh satgas. Diantaranya adalah memperketat penerapan prokes di wilayah gedung Teknik Informatika serta menyalurkan logistik kepada mahasiswa Teknik Informatika yang terpapar Covid-19 di sekitar ITS. “Intensitas penyaluran logistik hanya dilakukan sekali untuk satu orang yang terpapar Covid-19,” terang ketua HMTC ini.

Satgas Covid HMTC yang akan membagikan logistik di sekitar ITS pada Rabu (16/02).

Selain itu, Satgas Covid HMTC juga melakukan pendataan kasus Covid-19 di lingkup departemen. Setiap harinya Satgas Covid unit departemen maupun HMTC selalu melakukan tracing kepada mahasiswa Teknik Informatika untuk pendataan. Sehingga Satgas dapat mengetahui jumlah positif, negatif, serta kontak erat pasien Covid-19 di cakupan Teknik Informatika.

Disisi lain, Satgas Covid HMTC membuat dua fokusan tambahan. Diantaranya adalah membuat grup untuk mahasiswa yang positif terpapar virus Covid-19. Hal tersebut dilakukan agar Satgas mendapatkan informasi kesehatan dari mahasiswa yang terpapar Covid-19 setiap harinya. “Satgas Covid HMTC juga membuat guidebook yang berisi informasi serta panduan jika terpapar Covid-19,” pungkasnya. (*)

Reporter : Thariq Agfi Hermawan
Redaktur : Najla Lailin Nikmah

Berita Terkait