ITS News

Senin, 30 September 2024
30 Maret 2022, 10:03

FTSPK Sumbang Wisudawan Cumlaude Terbanyak pada Wisuda 125

Oleh : itszah | | Source : ITS Online

Dr Ir Murni Rachmawati MT, dekan Fakultas Teknik Sipil Perencanaan dan Kebumian (FTSPK), saat menyerahkan ijazah kelulusan kepada salah satu wisudawan FTSPK

Kampus ITS, ITS News Perhelatan Wisuda 125 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang telah sukses digelar beberapa waktu lalu tak lepas dari berbagai potret menarik yang terekam. Satu hal yang tersorot ialah fakultas dengan penyandang wisudawan berpredikat cumlaude terbanyak, yakni Fakultas Teknik Sipil Perencanaan dan Kebumian (FTSPK). Dari total 248 wisudawan cumlaude, FTSPK menyumbang 53 lulusan dengan predikat terbaik tersebut.   

Fakultas yang terdiri dari enam departemen, yakni Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Geomatika, serta Teknik Geofisika ini telah meluluskan total 176 wisudawan dalam periode wisuda kali ini. “Alhamdulillah sangat bersyukur dengan capaian prestasi FTSPK ini,” ungkap Dr Ir Murni Rachmawati MT, dekan FTSPK.

Murni menjelaskan bahwa salah satu penyumbang predikat cumlaude terbanyak adalah dari program magister. Berkenaan dengan hal tersebut, banyak perusahaan yang mempercayakan karyawannya untuk meneruskan studinya di FTSPK. Memperjelas makna capaian ini, FTSPK telah memperhitungkan predikat cumlaude dari segala aspek dengan tepat. Hal ini disesuaikan dengan peraturan akademik, baik mengenai masa studi dan ketentuan nilai yang diberikan.

Rektor ITS dan Dekan FTSPK bersama salah satu wisudawan FTSPK program magister

Dosen Departemen Arsitektur tersebut mengatakan bahwa capaian ini tidak lepas dengan kerja keras seluruh civitas akademika FTSPK.  Utamanya dalam hal pengusahaan dalam mewujudkan ketercapaian Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) yang dapat dipertanggungjawabkan. “Bangga ketika usaha tersebut membuahkan para mahasiswa FTSPK yang  lulus cepat dengan nilai yang bagus,”ujarnya.

Meskipun masih berada di tengah pandemi, Murni mengaku bahwa proses perkuliahan tetap berjalan dengan lancar. Apalagi beberapa hal positif dapat dirasakan, mulai dari ketersediaan materi yang dapat diakses dimanapun hingga kemudahan komunikasi dengan memanfaatkan berbagai variasi media.  Meninjau input mahasiswa baru ITS yang sudah sangat baik, FTSPK akan mengusahakan yang terbaik pula dengan memberikan fasilitas yang dibutuhkan oleh para mahasiswa. 

Dosen kelahiran tahun 1962 tersebut berpesan kepada para wisudawan untuk terust terus berprestasi dan memacu langkahnya di masa datang. Hal ini dapat  diwujudkan dengan meningkatkan motivasi diri karena semua mimpi sangat mungkin untuk dicapai dengan kerja keras sebagai kuncinya. “Jika ada niat yang besar, setiap mahasiswa pasti mampu meraih impiannya,” pungkasnya.

Reporter : Faadhillah Syhab Azzahra
Redaktur : Astri Nawwar Kusumaningtyas

Berita Terkait