ITS News

Senin, 30 September 2024
15 Agustus 2022, 10:08

Unit Komunikasi Publik Latih Sepuluh Teladan Baru di Lingkungan ITS

Oleh : itsric | | Source : ITS Online

Sekretaris ITS Dr Umi Laili Yuhana SKom MSc pada saat menjelaskan materi proud ITS sebagai pengenalan seputar ITS, Senin (15/08)

Kampus ITS, ITS News — Duta Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memiliki tugas dalam mengenalkan almamaternya kepada masyarakat maupun mahasiswa ITS. Untuk itu, Unit Komunikasi Publik (UKP) ITS membekali kesepuluh finalis Duta Kampus ITS agar siap mengemban amanah tersebut, Senin (15/08).

Duta Kampus ITS sendiri merupakan sosok-sosok yang dapat menjadi representatif dari karakter mahasiswa ITS yakni Cerdas, Amanah, Kreatif, Inovatif, dan Berprestasi. Tak hanya mengenalkan ITS ke masyarakat umum, duta kampus juga berperan aktif dalam lingkup mahasiswa untuk turut menyosialisasikan kegiatan di ITS dan kampanye-kampanye yang positif lainnya.

Kepala Sub Unit Promosi dan Citra Institusi Ika Nurkasanah SKom MSc menjelaskan, rangkaian pelatihan diberikan untuk membekali dan meningkatkan soft skill masing-masing individu. Diadakan selama dua hari, pelatihan ini mencangkup berbagai rangkaian mulai dari pengenalan  ITS, internasional exposure, menjadi talenta yang menginspirasi, digital branding, dan komunikasi publik.

Manajer Senior Promosi dan Mobilitas Direktorat Kemitraan Global (DKG) ITS, Octaviyanti Dwi Wahyurini ST MAppDesArt PhD ketika mendengarkan salah satu pertanyaan finalis duta kampus ITS di sela-sela pemaparan materi

Adapun pemateri yang membekali mahasiswa-mahasiswa ini didatangkan dari dalam dan luar struktural ITS. Mulai dari Sekretaris ITS Dr Umi Laili Yuhana SKom MSc, Manajer Senior Promosi dan Mobilitas Direktorat Kemitraan Global (DKG) ITS, Octaviyanti Dwi Wahyurini ST MAppDesArt PhD, Kepala Subdirektorat (Kasubdit) Pengembangan Kemahasiswaan Ditmawa ITS Dr Eng Yeyes Mulyadi ST MSc, Kepala Unit Komunikasi Publik ITS Dr Rahmatsyam Lakoro SSn MT, dan perwakilan dari Sinergi Bicara.

Pelatihan yang dimulai pada Senin (15/08) ini terdiri dari dua bagian besar yakni wawasan dasar dan teknik penyampaian wawasan tersebut. Adapun bagian pertama meliputi seluk beluk seputar kampus,  capaian-capaian civitas, hingga wajah ITS di kancah internasional. “Tak hanya pengetahuan dasar, para finalis turut diberi materi-materi seputar kepemimpinan dan menjadi pribadi yang dapat menginspirasi mahasiswa lainnya,” ungkapnya.

Pada bagian kedua yang akan dilaksanakan pada hari kedua, Ika melanjutkan, materi yang diberikan akan berhubungan erat dengan kegiatan branding ITS. Seperti penggunaan logo dan lambang, guideline publikasi ITS, dan cara menawarkan ITS ke khalayak umum. “Para finalis akan diajarkan untuk publikasi konten yang dibawa dengan menarik serta interaktif baik secara konvensional maupun lewat produk digital,” pungkasnya.

Dosen Departemen Teknik Sistem Informasi ini berharap, para finalis nantinya dapat merangkul masyarakat maupun mahasiswa di ITS. Para duta kampus ini akan menjadi wajah ITS ketika memberikan kunjungan ke Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sederajat dan bagi mahasiswa ITS lainnya. “Kesepuluh finalis ini nantinya akan menjadi penggerak dan penginspirasi mahasiswa ITS lainnya untuk terus berkarya,” tutupnya.(*)

Kepala Subdirektorat (Kasubdit) Pengembangan Kemahasiswaan Ditmawa ITS Dr Eng Yeyes Mulyadi ST MSc ketika menjelaskan nilai-nilai yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin

Reporter: Ricardo Hokky Wibisono

Berita Terkait