ITS News

Minggu, 29 September 2024
21 September 2022, 10:09

Ukir Prestasi Seni, ITS Raih Tiga Kejuaraan Peksimida Jatim

Oleh : itsbim | | Source : ITS Online

Naufan Noordyanto SSn MSn (pojok kiri) bersama tim dosen DKV ITS dan mahasiswa DKV ITS yang mengikuti Lomba Peksimida Jatim

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menunjukkan taringnya dalam meraih prestasi di segala bidang. Kali ini, melalui bidang seni rupa dan desain, Desain Komunikasi Visual (DKV) ITS berhasil menyabet tiga kejuaraan yang diselenggarakan di Pekan Seni Mahasiswa Daerah Jawa Timur (Peksimida Jatim).

Diselenggarakan lima hari sejak 29 Agustus, ITS berhasil meraih juara pertama pada lomba desain poster dan seni lukis serta juara kedua pada lomba desain komik. Kemenangan tersebut berhasil dicapai berkat semangat juang para mahasiswa dan dosen DKV ITS yang antusias untuk memajukan DKV dan ITS.

Dosen Pembimbing Lomba Peksimida Jatim Naufan Noordyanto SSn MSn mengatakan, tahun ini juri Peksimida Jatim menetapkan tiga tema untuk tiga bidang lomba yang disediakan. Lomba seni lukis dengan tema Menangisnya Bumi Pertiwi, lomba desain poster dengan tema Mengurangi Kesenjangan, dan lomba desain komik yang menyodorkan tema Kemerdekaan.

Dalam perlombaan melukis, karya yang dibawakan oleh DKV ITS memiliki judul bertajuk Isak Negeri Agraris Berharap Optimis. Karya ini diciptakan oleh Asyroful Anam, mahasiswa DKV ITS angkatan 2021. Naufan menjelaskan bahwa Anam menggambar objek koin sebagai sorotan utama dengan seekor tikus di sekitarnya. Di bawahnya juga terdapat peta Indonesia dari retakan tanah yang gersang dan ditangisi petani. “Pada intinya, gambar tersebut merupakan tamparan realita bahwa Indonesia sedang tidak baik-baik saja,” terangnya.

Kemudian, lomba desain poster berhasil diwakilkan oleh Tania Andini Susanto, mahasiswa DKV ITS angkatan 2020. Melalui peralatan digital, Tania mengangkat isu terkait kesenjangan ekonomi yang dihadapi usaha mikro kecil menengah (UMKM). UMKM cenderung memiliki modal yang terbatas sehingga tidak dapat menjangkau pasar yang lebih luas. “Karya yang dibuat oleh Tania mengajak seluruh orang Indonesia untuk turut mendukung produk-produk karya bangsa,” nyatanya.

Penyerahan hadiah juara kedua kategori lomba desain komik kepada Nabilla Putri Ramadhani (tengah memakai jas almamater) yang merupakan mahasiswa DKV ITS angkatan 2020

Selanjutnya, kategori desain komik berhasil diwakilkan oleh Nabilla Putri Ramadhani yang juga mahasiswa DKV ITS angkatan 2021. Dirajah di atas kertas berukuran 40×60 cm, Nabilla menceritakan tentang bagaimana kemerdekaan dimaknai sebagai dengan kondisi dan upaya terbebas dari pandemi Covid-19. “Terinspirasi dari tema Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-77, Nabilla mengajak masyarakat untuk terus berjuang untuk bebas dari pandemi ini,” ucap dosen DKV ITS tersebut.

Bagi Naufan, kesempatan lomba ini sangatlah berharga bagi mahasiswa untuk bisa mengasah penerapan ilmu mereka yang telah dipelajari di kampus. Tak hanya itu, ia ingin mahasiswa untuk memiliki prestasi, portofolio, rekam jejak, hingga relasi yang kadangkala hanya ditemukan di bidang kompetisi. “Ini merupakan suatu langkah yang mempersiapkan mental mahasiswa untuk terjun di dunia profesional, khususnya ketika sudah lulus dari ITS,” ungkapnya.

Dosen dengan bidang minat media kreatif dan digital tersebut berharap restu dan dukungannya dari ITS dan warga Jawa Timur untuk bisa berlaga lebih jauh lagi bersama mahasiswa bimbingannya di Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) 2022. Ia juga berharap dengan adanya juara-juara ini, mahasiswa ITS lainnya bisa terinspirasi juga untuk berpartisipasi aktif untuk mengharumkan nama ITS. “Semoga mahasiswa ITS aktif untuk melebarkan kiprahnya demi ITS dan mengembangkan dirinya di ajang talenta dan kompetisi,” tandasnya. (*)

 

Reporter: Bima Surya Samudra

Berita Terkait