Kampus ITS, ITS News — Program Pengabdian Masyarakat (Abmas) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) gagas website untuk membantu pemasaran digital bagi UMKM di sektor perikanan. Menariknya, melalui website ini, calon konsumen juga dapat memperoleh informasi tentang manfaat dari ragam produk perikanan.
Ketua Abmas ini, Ika Nurkasanah SKom MSc menyebutkan bahwa pembuatan situs bernama Cari Ikan ini bertujuan untuk memperluas target pasar UMKM mitra. Tak hanya sebagai platform pemasaran biasa, website ini dilengkapi dengan knowledge management yang berisi pengetahuan lengkap tentang ikan dan hasil olahannya. “Kami harap inovasi ini dapat membantu konsumen menentukan pilihan sesuai kebutuhan konsumsi ikan masing-masing,” ungkapnya.
Saat ini, website Cari Ikan telah memiliki dua mitra UMKM, yakni CV Wijaya Sukses Bersama dan UD Barokah yang masing-masing bertempat di Surabaya dan Lamongan. Konsumen dapat mengakses berbagai produk hasil budidaya dan olahan kedua mitra secara mudah lewat situs tersebut. “Calon pembeli juga dapat langsung menghubungi kontak mitra yang bersangkutan untuk memesan,” jelas perempuan yang akrab disapa Ika ini.
Selain itu, lanjut Ika, di dalam website yang telah diluncurkan sejak Agustus 2022 ini terdapat berbagai fitur lain yang tak kalah menarik. Seperti fitur untuk mengetahui hasil laut terdekat dari tempat tinggal pembeli, informasi detail tentang ikan seperti tekstur hingga baunya, resep masakan yang dapat dibuat, video untuk bantu memeriksa kualitas ikan, serta informasi nilai gizinya.
Ika bersama 10 mahasiswanya yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Abmas dari Departemen Sistem Informasi berkomitmen untuk memajukan UMKM di sektor perikanan. Ia dan tim membuka pintu lebar bagi para UMKM yang hendak memasarkan produknya lewat website Cari Ikan. “UMKM sektor perikanan yang hendak bergabung dapat mendaftar dan memanfaatkan situs ini dengan mudah,” tuturnya.
Sejalan dengan pernyataan Ika, Koordinator KKN dari Abmas ini, Muhammad Alif Noor berujar bahwa mitra sangat terbantu dengan adanya website tersebut. Ia dan tim turut aktif mempromosikan website Cari Ikan lewat video yang memaparkan keuntungan bagi mitra dan pengguna dalam menggunakan webiste, testimoni mitra, serta tutorial penggunaan website.
Sampai saat ini, Alif bersama timnya juga terus melakukan kontrol terhadap website cariikan.com untuk membantu meningkatkan hasil penjualan para mitra. “Semoga ke depannya kami mampu mengoptimalisasi SEO (optimisasi mesin pencari, red) agar semakin banyak konsumen di berbagai daerah yang mengenal Cari Ikan,” pungkasnya penuh harap. (*)
Reporter: Fathia Rahmanisa
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika
Kampus ITS, ITS News — Memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2024, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bersama Pengurus Wilayah
Kampus ITS, ITS News — Dalam upaya mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi kompleksitas pasar kerja nasional, Institut Teknologi Sepuluh
Kampus ITS, ITS News — Tim Sapuangin dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali mengenalkan mobil urban edisi terbarunya
Kampus ITS, ITS News — Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali dipercaya Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu