ITS News

Minggu, 29 September 2024
21 Oktober 2022, 10:10

Hadapi Era Baru Teknologi Maritim, ITS Adakan Seminar Internasional

Oleh : itsqih | | Source : ITS Online

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng saat memeberikan sambutan di acara Senta 2022, Kamis (20/10)

Kampus ITS, ITS News – Sukses dengan enam penyelenggaraan sebelumnya, Senta 2022 hadir dengan tajuk Sustainable Developoment and Innovation in Marine Technology for a Post Pandemic Era. Konferensi internasional terkait teknologi kelautan yang ketujuh ini diselenggarakan secara hibrid, Kamis (20/10).

Konferensi yang digelar oleh Fakultas Teknik Kelautan (FTK ITS) ini menghadirkan tiga orang pembicara dari berbagai penjuru dunia. Salah satu pembicara, Prof Richard Birmingham menjelaskan bahwa hampir semua sektor akan mengalami perubahan setelah era pandemi termasuk sektor teknologi kelautan.

Richard mengungkapkan bahwa era pandemi membawa dampak langsung pada bidang maritim seperti pembatalan pelayaran dan penutupan pelabuhan. Dalam skala yang lebih luas, dampak pandemi ini membawa masalah pada terhambatnya pengiriman logistik melalui kapal kargo. “Hal ini mengakibatkan besarnya biaya atau kerugian yang tidak diperkirakan sebelumnya, tetapi tidak menutup kemungkinan terdapat keuntungan besar pula,” ungkapnya.

Prof Richard Birmingham saat memaparkan materi terkait perubahan setelah era pandemi di bidang maritim secara daring

Menurutnya, dampak tersebut menuntut suatu perusahaan atau organisasi untuk memiliki ketangguhan dan fleksibilitas agar dapat beradaptasi dengan kondisi baru ini. “Salah satu penerapannya dapat membuat demarkasi peran yang tidak terlalu kaku sehingga orang lain dapat mengerjakan tugas baru,” jelas Richard jauh dari negara asalnya.

Krisis dari pandemi tidak berdiri sendiri melainkan bersama dengan krisis global lainnya, seperti krisis akibat iklim, energi, dan ketegangan karena perang. “Suatu perusahaan perlu adaptasi lebih dengan cara meningkatkan interaksi antara perusahaan agar lebih kolaboratif dalam melakukan pekerjaan,” ujarnya. 

Selaras dengan hal itu, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng dalam sambutannya mengungkapkan bahwa meskipun Fakultas Teknik Kelautan ITS sudah cukup banyak berkontribusi di dunia maritim Indonesia tetap masih ada yang perlu dikembangkan. “Hingga saat ini, ITS sudah dapat membuat kapal tanpa awak yang digunakan untuk menjangkau pulau-pulau kecil di Indonesia,” paparnya.

Penyerahan penghargaan salah satu presentasi jurnal terbaik oleh Ketua Pelaksana Senta 2022 Herman Pratikno ST MT PhD

Rangkaian acara ini sendiri sudah dimulai sejak juli lalu dengan total jurnal masuk yang akan diterbitkan nantinya sebanyak 88 jurnal. “Diharapkan dapat melahirkan inovasi yang untuk perkembangan teknologi maritim, seperti otomasi, teknologi jarak jauh, bersifat ramah lingkungan, dan berkelanjutan,” ujar Sekretaris Senta 2022 Dr Eng Shade Rahmawati ST MT.

Berita Terkait