ITS News

Jumat, 27 September 2024
09 Desember 2022, 14:12

Bersama FTEIC, Telkom Indonesia Sosialisasikan Program Internship DDB

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Networking DPE DBT Telkom Indonesia, Sita saat menjelaskan terkait rekrutmen internship Telkom

Kampus ITS, ITS News – Guna mencetak future digital talent dan mengasah kompetensi mahasiswa agar relevan dengan kebutuhan industri. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Direktorat Digital Business (TELKOM DDB)  jalin kerjasama dengan Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC). Dengan adakan sosialisasi internship Direktorat Digital Business yang dilaksanakan di Aula Teknik Informatika, Rabu (08/12).

Dalam gelar wicara ini, Koordinator DDB Internship Program, Rahmat Hidayatulloh menjelaskan bahwa DDB Telkom memiliki program magang bagi mahasiswa ITS mulai dari jenjang semester enam sampai dengan delapan. Dengan melakukan penelitian atau mendukung program kerja di lingkungan bisnis Telkom DDB dalam jangka waktu enam bulan sampai dengan satu tahun. 

Kemudian, ia memaparkan alur rekrutmen yang terdiri dari beberapa tahap. Mulai dari melakukan pendaftaran melalui website yang telah disediakan oleh pihak Telkom. Lalu, melengkapi data diri sebagai seleksi administrasi. “Dan kemudian akan memasuki tahap interview dengan dilanjut dengan on job sesuai role masing-masing selama enam sampai dengan dua belas bulan,” jelas pria yang kerap disapa Rago ini.

Dirinya menambahkan, mahasiswa dapat mendaftarkan diri sesuai dengan skill yang dimiliki. Menilik hal ini, Telkom sendiri menyediakan sebuah inovasi bernama Leap yang berperan sebagai sebuah ekosistem digital untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat. “Leap ini cakupannya beragam dan dalam berbagai bidang, juga sebagai langkah nyata Telkom dalam menyediakan solusi terbaik setiap aktivitas masyarakat,” jelas Rago.

Lebih lanjut, Networking DPE DBT Telkom, Sita menjelaskan bahwa terdapat pula program spesial yang dikhususkan oleh Telkom kepada mahasiswa Teknik Informatika ITS, Sustainable Talent Nurturing Program. “Hal menarik yang ditawarkan adalah adanya golden tiket bagi mahasiswa yang bisa menyelesaikan tahap magang sampai selesai,” paparnya.

Sita memaparkan, poin plus dari program ini sendiri ialah mahasiswa dapat langsung menghadapi sebuah final proyek berupa use case yang bersifat komprehensif dan berkelanjutan sampai lulus. “Sehingga, hal ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk menggunakan data dan judul dalam penelitian tugas akhirnya,” tambahnya.

Sharing session dengan beberapa mahasiswa ITS yang sedang internship di Telkom Indonesia

Dilanjut dengan sharing session, bersama alumnus Teknik Informatika ITS, Muhammad Ridwan memulai dengan pertanyaan mengapa Telkom Indonesia. Dirinya menjelaskan bahwa Telkom sendiri merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang membuat Telkom sangat stabil serta mendapat dukungan penuh dari pemerintah. “Telkom memiliki beragam proyek di berbagai sektor, dan Telkom menawarkan lokasi kerja yang fleksibel,” terang Ridwan.

Sebagai penutup, Ridwan mengatakan bahwa dengan mengikuti Program Internship DDB Telkom ini dapat menjadi langkah awal yang baik dan merupakan kesempatan emas bagi mahasiswa untuk dapat mengembangkan kemampuan yang dimiliki. Lalu, Ia memberikan pesan untuk terus menggali segala potensi yang ada untuk bisa menjadi talenta digital Indonesia generasi emas 2045. (*)

 

Reporter : Nayla Maisun Nur Aqila
Redaktur : 

Berita Terkait