ITS News

Senin, 02 September 2024
24 Februari 2023, 15:02

Kenal Lebih Dekat FDKBD ITS Lewat CREABIZ Open Day

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Penyambutan oleh Dekan Fakultas CREABIZ, Imam Baihaqi ST MSc PhD (kiri) bersama dosen Desain Komunikasi Visual (DKV) Eka Rizkiantono SSn MDs (kanan)

Kampus ITS, ITS News – Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD atau CREABIZ) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali gelar CREABIZ Open Day untuk kenalkan fakultas CREABIZ ITS ke masyarakat umum. Acara ini berlangsung di Gedung Rektorat ITS, Selasa (21/2). 

Terdapat beberapa rangkaian acara pada CREABIZ Open Day, yaitu  sambutan oleh dekan Fakultas CREABIZ, Workshop Portfolio Design, Campus Tour, Sit-in, dan Walk-in Consultation. Acara ini acara yang ditujukan untuk siswa/i SMA/SMK/MA sederajat, gapyear, guru, dan orang tua yang ingin mengenal lebih dekat dengan Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital ITS. 

Dilatarbelakangi oleh kebijakan-kebijakan baru mengenai pemilihan masuk perguruan tinggi negeri (PTN), sambutan dan pembukaan oleh Dekan Fakultas CREABIZ ITS Imam Baihaqi ST MSc PhD, dimulai dengan sebuah penjelasan mendetail mengenai kebijakan-kebijakan tersebut. Terutama mengenai Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP). 

Dalam sambutannya, Imam menjelaskan bahwa prestasi-prestasi yang bisa dipertimbangkan di SNBP adalah ketua OSIS, penghafal Alquran, dan juara lomba di berbagai bidang. Imam menambahkan, lomba boleh di bidang manapun asalkan di tingkat yang sesuai. “Minimal juara di level provinsi. Juara lomba di tingkat kabupaten maupun sekolah tidak bisa,” jelasnya.

Eka Rizkiantono SSn MDs berinteraksi dengan para peserta secara antusias

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari dosen Desain Komunikasi Visual (DKV) ITS R Eka Rizkiantono SSn MDs dan dosen Desain Produk Industri (Despro) ITS Ari Dwi Krisbianto ST MDs. Eka dan Ari memaparkan mengenai pembuatan portofolio untuk masuk Fakultas CREABIZ ITS melalui jalur SNBP. Ari menjelaskan, portofolio SNBP terdiri dari tiga hal yang harus ada, yaitu karya gambar naratif, karya terbaik/pilihan, dan  surat pernyataan keaslian karya.

Eka menuturkan, karya-karya yang dimasukkan ke dalam portofolio ini dinilai berdasarkan beberapa kriteria, yaitu intelektual, kreativitas, keterampilan, dan teknik arsir. Kriteria-kriteria ini menurut Eka bukanlah suatu halangan, karena menurutnya menggambar atau membuat karya dalam bentuk apapun bukanlah sebuah bakat. “Menggambar adalah kecerdasan,” tegasnya. 

Berangkat dari pemikiran ini, para peserta yang hadir pada acara ini turut mengikuti Sit-in atau simulasi menggambar untuk pembuatan portofolio SNBP. Simulasi ini diawasi oleh beberapa dosen dari Fakultas CREABIZ, termasuk Eka sendiri. Hal ini diharapkan dapat melatih para peserta dalam membuat portofolio mereka sendiri ke depannya.

Mahasiswi panitia dari Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV) saat mempersiapkan stan untuk menyambut kedatangan para peserta CREABIZ Open Day

Selagi berjalannya sambutan dekan dan  pemberian materi oleh Eka dan Ari, lima stan yang mewakili lima departemen Fakultas CREABIZ didirikan untuk rangkaian kegiatan Walk-in Consultation. Dengan adanya stan ini, peserta maupun guru mendapat kesempatan untuk mengenal lebih dalam dan mendapat konsultasi terkait kelima departemen tersebut. 

Mahasiswa Departemen Desain Interior ITS Angkatan 2021 Aighar Malikah Jibril yang merupakan salah satu panitia yang turut menjaga stan bersama temannya memajang berbagai karya berupa miniatur dan maket interior yang telah dibuat oleh para mahasiswa departemenya. Melalui kegiatan ini, ia berharap masyarakat luar terutama calon mahasiswa dapat lebih mengerti dan tertarik untuk bergabung departemennya. (*)

 

Reporter: Kevin Bahari Pratama
Redaktur: Shinta Ulwiya

Berita Terkait