ITS News

Senin, 26 Agustus 2024
25 Februari 2023, 11:02

Dies Natalis ke-5, Sains Aktuaria ITS Kobarkan Semangat Berbenah

Oleh : itsthi | | Source : ITS Online

Pemotongan tumpeng oleh salah satu dosen Departemen Sains Aktuaria ITS Moch Taufik Hakiki SSi MSi sebagai simbolis dimulainya perayaan Dies Natalis ke-5 Departemen Sains Aktuaria ITS

Kampus ITS, ITS News – Menyambut usianya yang bertambah satu tahun, Departemen Sains Aktuaria Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) gelar Dies Natalis ke-5. Melalui perayaan ini, Departemen Sains Aktuaria menggaungkan semangat baru untuk terus berbenah. Tak hanya itu, aksi donor darah turut digelar di penghujung kegiatan, Jumat (24/2).

Sebagai satu-satunya program studi ilmu aktuaria di Indonesia yang berdiri sendiri tanpa menginduk departemen lain, Departemen Sains Aktuaria ITS mengemban cita-cita besar terhadap masa depan pendidikan aktuaria di Indonesia.

“Terlebih kami juga menjadi satu-satunya lembaga di luar Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) yang diakui dan dipercaya untuk menyelenggarakan ujian profesi,” ungkap Sekretaris Departemen Sains Aktuaria ITS Mohamad Atok SSi MSi PhD.

Sekretaris Departemen Sains Aktuaria ITS Mohamad Atok SSi MSi PhD memaparkan target dan agenda departemennya pada tahun-tahun berikutnya

Mendukung cita-cita tersebut, Departemen Sains Aktuaria ITS tengah mengusahakan berdirinya organisasi yang menaungi seluruh Prodi Aktuaria di Indonesia. Hal ini bertujuan melakukan standardisasi dan  kualifikasi menimal pendidikan aktuaria.

“Dengan begitu, di mana pun mahasiswa belajar aktuaria, kualitasnya sama,” papar lelaki yang akrab disapa Atok ini. Dengar umur lembaga yang masih muda, Atok mengakui bahwa masih banyak peningkatan yang dapat dilakukan Departemen Sains Aktuaria ITS.

Dosen asal Malang ini mengungkapkan, pihaknya menargetkan peningkatan akreditasi departemen dari baik menjadi unggul. Selain itu, target lain seperti meningkatkan kerja sama, kajian keilmuan, hingga peningkatan kualitas pembelajaran akan terus dilakukan. 

Tak ingin optimisme dan kobaran semangat ini hanya dirasakan oleh pihak internal, perayaan Dies Natalis lantas ditutup dengan kegiatan donor darah. “Dalam momentum yang berbahagia ini, donor darah menjadi inisiasi positif yang memberi kebermanfaatan untuk masyarakat luas,” tutur Ketua Pelaksana Dies Natalis ke-5 Departemen Sains Aktuaria ITS Rafi Naufal.

Kegiatan donor darah yang diikuti oleh seluruh sivitas akademik dalam memeriahkan acara Dies Natalis ke-5 Departemen Sains Aktuaria ITS

Terakhir, Atok berharap agar Departemen Sains Aktuaria ITS bisa segera meraih akreditasi Unggul ke depannya dan lulusannya cepat mendapatkan pekerjaan di industri keuangan. “Mengingat kompetensi utama kita ada di risiko keuangan,” pungkasnya. (*)

 

Reporter: Nurul Lathifah

Redaktur: Raisa Zahra Fadila

Berita Terkait