Kampus ITS, ITS News – Menempuh studi di kampus teknologi bukan menjadi penghalang bagi Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam eksplorasi dunia bisnis. Membuktikan hal tersebut, mahasiswa Departemen Teknik Sipil, Firmansjah Muhammad berhasil menggagas Campaign Marketing produk Pond’s Men, dalam perhelatan Unilever Future Leaders League 2023.
Menjawab tantangan Unilever untuk merancang strategi pemasaran terhadap produk Pond’s Men, Firmansjah menyorot fakta bahwa mayoritas pria Gen-Z belum memiliki kesadaran untuk menggunakan facial wash. “Inilah mengapa campaign #CowoMasaGakTahu diangkat sebagai pemicu pria harus tahu pentingnya merawat kulit,” ungkapnya.
Mendukung pernyataan tersebut, mahasiswa angkatan tahun 2019 ini membagikan hasil survei yang telah dilakukan bahwa 44 persen diantaranya mengaku tidak tahu tentang kebutuhan skincare bagi pria. Karenanya dalam upaya memperkuat brand positioning, tim The Purposeful menekankan bahwa Pond’s Men adalah produk perawatan kulit berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan pria Gen-Z
Lebih lanjut, campaign tersebut akan dibagi menjadi tiga fase pendekatan. Fase pertama Awareness yang meliputi pengenalan dan edukasi kondisi kulit serta kebutuhannya. Fase kedua, Consideration. Fase ini dirancang untuk mendorong pria mau mempertimbangkan dan mencoba Facial Wash Pond’s Men.
Fase terakhir, Conversion, ditujukan untuk menggaet customer potensial menjadi calon pembeli. “Banyak taktik pendukung yang kami usulkan pada masing-masing fase, mulai dari quiz, challenge, digital advertising, hingga in-store display,” paparnya.
Membagikan apresiasi yang diperoleh dari para juri terhadap ide yang diangkat, mahasiswa berkacamata ini mengungkapkan dewan juri merasa strategi tersebut sangat inovatif dan implementatif. “Menurut dewan juri, ide kami sangat relevan dan menjawab permasalahan pria Gen-Z saat ini tentang ketidaktahuan terhadap kebutuhan kulitnya,” jelasnya.
Kilas balik pada proses persiapan, mahasiswa yang kerap kali memboyong prestasi di bidang bisnis ini mengungkapkan bahwa riset mendalam terhadap produk dan pelanggan harus dilakukan. Hal ini agar nantinya ide strategi pemasaran yang diangkat berkorelasi secara dua arah. “Dalam memahami pelanggan lebih intens, saya menyebar kuesioner dan wawancara secara langsung mengenai pengalaman mereka dan facial wash,” terangnya.
Bukanlah suatu perjalanan yang mudah hingga timnya meraih gelar Juara 2 kategori Group Winner pada Unilever Future Leaders League 2023. Mengungkapkan salah satu motivasi utamanya, Firmansjah menyebutkan keinginannya untuk membangun kesan baru bahwa mahasiswa ITS juga mampu bersaing dalam ajang bisnis. “Saat ini untuk mengerti bisnis, tidak harus memiliki latar belakang bisnis tetapi motivasi dan kemauan,” tegasnya. (*)
Reporter : Faadhillah Syhab Azzahra
Redaktur: Shinta Ulwiya
Kampus ITS, ITS News — Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tak henti-hentinya melahirkan inovasi baru guna mendukung ekosistem halal di
Kampus ITS, ITS News — Sampah plastik sampai saat ini masih menjadi momok yang menghantui lingkungan masyarakat. Untuk mengatasi
Kampus ITS, ITS News — Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus memantapkan komitmennya dalam berkontribusi menjaga lingkungan dengan mengurangi sampah
Kampus ITS, ITS News — Sejak ditemukan pada 1862, plastik telah digunakan secara masif di dunia dan telah melahirkan