Kampus ITS, ITS News – Potensi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) akan sia-sia begitu saja jika tidak dikembangkan secara maksimal. Sadar akan hal itu, Mahasiswa Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggunakan ide kreatifnya untuk mempromosikan UMKM lewat pameran di gedung Departemen DKV ITS, Senin (19/6).
Dosen Pengampu Mata Kuliah DKV Promosi, Naufan Noordyanto M Sn menjelaskan bahwa pameran ini merupakan bentuk latihan para mahasiswa dalam melakukan promosi suatu bisnis. Para mahasiswa dilatih agar sadar akan masalah, potensi, dan solusi yang dapat dilakukan. “Pameran ini sekaligus sebagai tradisi menjelang akhir semester untuk pemenuhan kewajiban mata kuliah Promosi,” sebut Naufan.
Naufan mengungkapkan, jumlah mahasiswa yang terlibat dalam persiapan maupun pelaksanaan pameran sekitar 70 orang. Mereka terbagi menjadi beberapa kelompok yang masing-masing memiliki satu mitra UMKM. Selanjutnya, setiap mahasiswa dituntut untuk menyiapkan stan pameran yang menarik dan mencirikan produk UMKM yang dipromosikan. Sebagian dari mereka juga menayangkan video iklan, website, katalog, brosur, hingga contoh produk untuk menggaet pengunjung.
Naufan membeberkan bahwa mitra UMKM yang digandeng harus berlokasi di wilayah Surabaya. Mayoritas UMKM berujar bahwa masalah yang kerap terjadi adalah kurangnya pasar konsumen. Ia mencontohkan, sebuah warung kopi umumnya identik dengan konsumen laki-laki. Untuk menciptakan citra ramah bagi para kaum perempuan, dibutuhkan logo, strategi, hingga konten yang sesuai. “Dengan begitu, warkop tersebut memiliki pangsa pasar yang lebih luas,” tegas Naufan.
Naufan juga menjelaskan bahwa UMKM acapkali tak memiliki rencana promosi yang konsisten. Hal tersebut menyebabkan bisnis mereka tak mendapatkan eksposur yang maksimal. Oleh karena itu, para mahasiswa DKV juga memberikan berbagai opsi yang dapat digunakan oleh para mahasiswa, seperti merencanakan konten di media sosial, analisis bisnis, dan lain sebagainya.
Naufan menegaskan bahwa mata kuliah ini berfokus membantu pengembangan UMKM. Pasalnya, banyak dari mereka yang terkendala dalam biaya desain dan pengetahuan mengenai strategi promosi. Ke depan, para mahasiswa DKV ini diharapkan mampu membantu UMKM dengan hasil desain yang mereka rancang. “Kegiatan ini dapar menjadi simulasi promosi dengan berbekal data di lapangan,” tuturnya.
Lebih lanjut, Naufan berujar bahwa kegiatan ini tak hanya bermanfaat pada UMKM dan mahasiswa DKV, melainkan juga bagi ITS. “Kami berusaha menyelaraskan arah studi sesuai misi ITS, yakni penelitian dan pengabdian,” tegas Naufan. (*)
Reporter: Gandhi Kesuma
Redaktur: Erchi Ad’ha Loyensya
Kampus ITS, ITS News — Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menunjukkan komitmen kepeduliannya terhadap lingkungan dengan meraih peringkat ke-8
Kampus ITS, ITS News — Guna meningkatkan efisiensi pembersihan danau, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem
Kampus ITS, ITS News — Industri rumahan seperti produksi kerupuk udang sering kali mencemari lingkungan akibat pembuangan limbah cair
Kampus ITS, ITS News — Pendidikan merupakan pilar penting untuk membangun peradaban. Mengamini hal tersebut, tim Kuliah Kerja Nyata