ITS News

Sabtu, 28 September 2024
08 Juli 2023, 13:07

Seleksi Amunisi Untuk Regenerasi, ITS Adakan Uji Kompetensi Bidang

Oleh : itshan | | Source : ITS Online

Para bakal calon peserta tengah mengerjakan Uji Kompetensi Bidang yang diselanggarakan di Menara Sains

Kampus ITS, ITS News – Guna menyeleksi bakal calon peserta program Talent Development for Staff 2023, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggelar kegiatan uji kompetensi bidang. Bertempatan di menara sains ITS, kegiatan ini diharapkan dapat melahirkan peserta yang layak untuk mengikuti program Talent Development for Staff 2023.

Penanggung jawab Program Talent Development for Staff 2023, Novi Elika, mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari sejak Kamis (6/7). Kegiatan ini berjalan di bawah naungan Direktorat Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) ITS. “Kegiatan ini berperan sebagai wadah penyeleksi bakal calon peserta yang akan mengikuti Talent Development for Staff 2023,” ungkap Novi.

Pada hari pertama, peserta mengerjakan Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Adapun terdapat dua dari lima bidang yang dikerjakan pada saat TKB. Bidang tersebut dapat dipilih oleh bakal calon peserta pada saat proses pendaftaran.

Bidang yang disediakan meliputi akademik dan kemahasiswaan, keuangan dan sarana prasarana, serta Sumber Daya Manusia (SDM) dan teknologi sistem informasi. Selain itu, terdapat juga  serta kealumnian kerja sama dan inovasi serta pemahaman terkait fakultas departemen dan pengawasan internal yang dapat dipilih. 

Layar dari bakal calon peserta Talent Development for Staff 2023 yang sedang mengerjakan TPS

Lebih lanjut, anggota SDMO ITS tersebut menjelaskan, pada hari kedua bakal calon peserta akan diminta untuk mengerjakan Psikotes. Psikotes ini bertujuan untuk mengetahui kondisi psikologis para bakal calon peserta. Adapun pengerjaan ketiga tes yakni TPS, TKB, dan Psikotes akan dilaksanakan di menara sains menggunakan laman MyIts. 

Wakil Rektor III ITS Bidang Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Teknologi Sistem Informasi, Dr Ahmad Rusdiansyah CSCP CLTD IPU menjelaskan, kegiatan uji kompetensi bidang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan untuk menciptakan pemimpin masa depan. “Organisasi modern itu harus mempersiapkan pimpinan yang akan datang,” tegas Ahmad.

Wakil Rektor III ITS Bidang Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Teknologi Sistem Informasi Dr Ahmad Rusdiansyah CSCP CLTD IPU saat memberikan sambutan

Lebih lanjut lulusan Teknik Industri ITS tersebut mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah mengenal lebih dalam dan mencari orang-orang berbakat di ITS untuk mengelola bidang-bidang penting. Hal ini dimaksud sebagai upaya pengisian amunisi bagi struktur yang ada di ITS kelak. “Kita ingin melakukan penggabungan antara tenaga pendidik (tendik) dan bidang-bidang terkait,” ungkap Ahmad.

Adapun kedepannya peraih gelar Doctor of Engineering Tokyo Institute of Technology tersebut berharap, dengan adanya program ini banyak pemimpin yang lahir dan dapat berkontribusi dalam memajukan ITS. Para peserta juga diminta untuk dapat membantu dan mengeksplor dirinya sesuai dengan bidang yang mereka pilih. (*)


Reporter: Ahmad Farhan Alghifari
Redaktur: Shinta Ulwiya

Berita Terkait