ITS News

Jumat, 16 Agustus 2024
14 Juli 2023, 15:07

Rekatkan Hubungan, ITS Sambut Hangat Senat Akademik ITB

Oleh : itshan | | Source : ITS Online

Foto bersama Senat Akademik ITS dan ITB beserta segenap jajarannya

Kampus ITS, ITS News — Pengembangan wawasan dan relasi merupakan hal yang penting bagi institusi pendidikan. Memperkokoh hubungan dengan perguruan tinggi lain, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menyambut kunjungan Senat Akademik (SA) Institut Teknologi Bandung (ITB). Anjangsana ini berlangsung dengan peninjauan inovasi yang ada di ITS, Kamis (13/7).

Ketua Senat Akademik ITB, Prof Ir Hermawan Kresno Dipojono ST MSEE PhD IPU, menjelaskan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk mempererat hubungan antara dua institut terkemuka di Indonesia. Tak ayal, pihaknya juga mengutarakan ucapan terimakasih atas kunjungan yang sempat dilakukan ITS sebelumnya. “Melihat objek inovasi secara langsung dapat menumbuhkan motivasi yang mendukung kemajuan kita bersama,” ungkap guru besar Fakultas Teknologi Industri ITB tersebut.

Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi, Kerjasama, dan Kealumnian ITS Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD saat menjelaskan penyelesaia masalah akademik yang di alami ITS

Sebagai bentuk dukungan, Hermawan dan jajarannya berkunjung ke fakultas baru milik ITS, yaitu Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK). Rombongan SA ITB juga diajak melihat beberapa inovasi andalan ITS, salah satunya Garasindo Electric Scooter ITS (GESITS) yang menjadi sepeda motor elektrik pertama produksi Indonesia. Menyambangi Gedung Research Center, ITS juga memamerkan Intelligent Car (iCar) yang menjadi moda transportasi tanpa kemudi di dalam kampus ITS.

Tak hanya menunjukkan inovasi di bidang teknologi, ITS turut menceritakan kebijakan di bidang akademik berupa mata kuliah Palugada. Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi, Kerjasama, dan Kealumnian ITS, Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD, menjelaskan bahwa mata kuliah ini dibuat untuk mengatasi satuan kredit semester (SKS) yang tidak bersangkutan dengan jurusan mahasiswa.

Lebih lanjut, bambang bercerita bahwa peristiwa ini kerap terjadi pada mahasiswa yang melakukan pertukaran pelajar ke luar negeri atau program magang di luar kampus. Mata kuliah Palugada hadir untuk memberikan fleksibilitas dalam mengonversi SKS mata kuliah pilihan. “Mata kuliah ini bisa dimasuki oleh mata kuliah yang tidak harus sesuai dengan rumpun jurusan mereka,” ucap Bambang.

Ketua Senat Akademik ITS Prof Dr Syafsir Akhlus MSc (kanan) dan Ketua Senat Akademik ITB Prof Ir Hermawan Kresno Dipojono ST MSEE PhD IPU (kiri) sedang berjalan menuju Fakultas Kedokteran dan Kesehatan ITS sembari berbincang santai

Ketua SA ITS, Prof Dr Syafsir Akhlus MSc mengaku senang dan akan selalu menerima kunjungan SA ITB dengan hangat. Ia berharap, kunjungan ini dapat menjadi wadah motivasi sekaligus evaluasi bagi masing-masing pihak. “Yang paling utama, semoga pertemuan ini turut mempererat kerjasama antara kedua institusi di masa yang akan datang,” tutupnya. (*)

 

Reporter: Ahmad Farhan Alghifari
Redaktur: Difa Khoirunisa

Berita Terkait