ITS News

Sabtu, 28 September 2024
26 Juli 2023, 07:07

Serukan Gerakan Lebih Sehat, ITS Galakkan Agenda Donor Darah

Oleh : itsgan | | Source : ITS Online

Salah satu mahasiswa tengah bersiap mendonorkan darahnya

Kampus ITS, ITS News — Sebagai upaya menyemarakkan Dies Natalis ITS ke-63, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggalakkan kegiatan donor darah di Kantor Ikatan Alumni ITS, Rabu (5/7).  Kegiatan yang menjadi rangkaian ITS Pekan Sehat (IPS) ini turut menjadi seruan bagi segenap sivitas akademika ITS untuk bergerak lebih sehat, lebih bersih, dan lebih bahagia. 

Ketua Pelaksana Donor Darah Pekan Sehat ITS, Dr Ir Susi Agustina Wilujeng ST MT mengungkapkan bahwa kegiatan ini menargetkan 100 pendonor. Dosen Teknik Lingkungan ITS ini menambahkan, kantong-kantong darah hasil donor akan diberikan ke Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Surabaya. “Mayoritas pendonor berasal dari kalangan tenaga pendidik (tendik) dan dosen ITS,” aku Kepala Unit Pengembangan ITS Smart Eco Campus ini.

Ketua Pelaksana Donor Darah Pekan Sehat ITS, Dr Ir Susi Agustina Wilujeng ST MT dalam acara donor darah yang diselenggarakan di Kantor Ikatan Alumni ITS, Rabu (5/7)

Hingga acara usai, tercatat sebanyak lebih dari 150 orang yang mendonorkan darahnya. Susi melanjutkan, terdapat beberapa pendaftar yang tidak dapat mendonorkan darahnya sebab beberapa hal. Kendati demikian, mereka tetap berkesempatan untuk mengetahui keadaan tubuh mereka melalui check up yang dilakukan oleh tim PMI.

Melihat tingginya antusias pendonor yang mayoritas berasal ITS, Susi berharap kegiatan donor darah ini dapat diadakan secara rutin. “Kami menargetkan dapat melakukan kegiatan ini tiga bulan sekali,” sebut Susi.

Salah satu mahasiswa tengah melakukan cek data kesehatan sebelum melakukan donor darah

Lebih lanjut, dalam acara donor darah ini, ITS menggandeng beberapa pihak, diantaranya adalah Pemerintah Kota Surabaya, Ikatan Alumni ITS, serta Yayasan Manarul Ilmi ITS. Sebagai penutup, Ketua Hubungan Masyarakat Dies Natalis ITS, Hertiari Idajati ST MSc menuturkan bahwa tujuan utama IPS adalah menebar kebermanfaatan bagi sekelilingnya. “Melalui acara donor darah ini, kami berharap dapat menebar kebermanfaatan bagi sivitas akademika ITS maupun masyarakat yang ada di sekelilingnya,” pungkas Ida. (*)

 

Reporter: Gandhi Kesuma
Redaktur: Erchi Ad’ha Loyensya

Berita Terkait