ITS News

Jumat, 27 September 2024
23 Agustus 2023, 13:08

Tingkatkan Kenyamanan Mahasiswa, ITS Resmikan Fitness Centre dan CCWS

Oleh : itsann | | Source : ITS Online

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng (tengah berkacamata) bersama segenap jajarannya saat pemotongan bunga dalam peresmian Fitness Centre ITS

Kampus ITS, ITS News — Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus berupaya meningkatkan kenyamanan mahasiswanya lewat pengadaan fasilitas maupun infrastruktur penunjang dalam kampus. Kali ini, berkolaborasi dengan Ikatan Orangtua Mahasiswa (IKOMA) ITS, ITS gelar grand launching Fitness Centre dan Creative Co-Working Space (CCWS), Kamis (17/8).

Kepala IKOMA ITS, Dr Ir Wahid Wahyudi MT menjelaskan, pusat kebugaran anyar ITS ini terletak di  lingkungan fasilitas olahraga (fasor) GOR Pertamina ITS. Lebih dalam, gedung dengan dua lantai ini memiliki kapasitas hingga 30 orang dalam satu ruangan dengan jumlah anggota terbanyak per harinya mencapai 200 orang. Adapun alat kebugaran yang disediakan terdiri dari treadmill, sepeda statis, chest press machine, dan masih banyak lagi.

Tak hanya variasi peralatan olahraga yang beragam, pria asal Lamongan ini menyampaikan Fitness Centre ITS turut memfasilitasi pula tiga orang pelatih profesional serta pemeriksaan kesehatan sebelum pemberian program latihan. Menurutnya, fasilitas ini telah dirancang sedemikian rupa agar ramah untuk para pemula maupun profesional. “Fasilitas yang diberikan tidak kalah keren dengan pusat kebugaran lainnya di luaran sana,” ujarnya optimis.

Mengenai jadwal operasi sendiri, Wahid membeberkan bahwa fasilitas yang akan dikelola oleh Direktorat Kerjasama dan Pengelolaan Usaha (DKPU) ITS ini akan dibuka dari Selasa sampai Minggu pada pukul 06.00 hingga 19.00. Dengan biaya pendaftaran untuk membuat kartu anggota yang dikenakan bagi mahasiswa adalah Rp175.000, sedangkan bagi tenaga pendidik sebesar Rp250.000. 

Kepala IKOMA ITS, Dr Ir Wahid Wahyudi MT saat mencoba salah satu fasilitas gym di Fitness Centre ITS

Tak hanya pusat kebugaran, guna menunjang kreativitas dan kebutuhan rekreasi mahasiswa, IKOMA ITS juga turut menyerahkan satu lagi CCWS untuk ITS. Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng menyatakan, fasilitas ini dibangun sebagai sarana belajar bebas bagi para mahasiswa ITS. Menurut tuturannya, gedung yang terletak di samping K1 Mart ini dapat menampung hingga 122 orang mahasiswa. 

Selain tersedianya meja dan kursi yang nyaman untuk menyelesaikan tugas atau sekadar bersantai, CCWS ini juga menyediakan pojok kuliner dengan berbagai pilihan menu. Tersedia pula panggung untuk live music untuk menyalurkan bakat dan minat seni mahasiswa. Sedangkan di lantai, terdapat fasilitas ruang rapat yang dapat menampung hingga 10 orang, mushola, dan toilet yang nyaman.

Menutup peresmian fasilitas baru ini, guru besar Departemen Teknik Elektro tersebut mengatakan, penambahan dua fasilitas ini merupakan pemberian penuh dari IKOMA ITS untuk menunjang kebutuhan mahasiswa. Lebih jelas, menurutnya, fasilitas yang disediakan telah diselaraskan dengan keinginan dan tren kesukaan mahasiswa saat ini.

Pojok kuliner kekinian di CCWS K1 Mart ITS yang menyediakan pilihan jamu, kopi, hingga jus buah

Pria yang akrab disapa Ashari ini juga menambahkan bahwa pembangunan kedua infrastruktur juga dijadikan tolak ukur perwujudan cita-cita ITS untuk dapat membentuk karakter mahasiswa ITS. “Dengan harapan, mahasiswa dapat memanfaatkan semaksimal mungkin dan meningkatkane produktivitas serta kebahagiaan civitas academica ITS,” tandas Ashari. (*) 

 

Reporter: Shafa Annisa Ramadhani
Redaktur: Fauzan Fakhrizal Azmi

Berita Terkait