ITS News

Senin, 19 Agustus 2024
24 Agustus 2023, 21:08

UKM Expo 2023 Ajak Mahasiswa Baru Kenali Minat Bakatnya

Oleh : itszik | | Source : ITS Online

Wakil Rektor II Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sarana Prasarana ITS, Ir Mas Agus Mardyanto ME PhD (memegang mic) saat meresmikan pembukaan UKM Expo 2023 bersama para petinggi ITS

Kampus ITS, ITS News – Guna mengembangkan minat dan bakat mahasiswa baru Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Lembaga Minat Bakat (LMB) ITS kembali menyelenggarakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Expo 2023. Kegiatan tahunan yang digelar selama tiga hari hingga Sabtu (27/8) ini menjadi wadah bagi mahasiswa baru untuk mengenal dan mendaftarkan diri di UKM yang ada di ITS.

Dibuka oleh Wakil Rektor II Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sarana Prasarana ITS, Ir Mas Agus Mardyanto ME PhD mengajak seluruh mahasiswa baru ITS untuk turut aktif dalam berbagai kegiatan UKM yang ada di ITS. “Terlibat langsung dalam kegiatan mahasiswa dapat mengasah kemampuan komunikasi dan kolaborasi mahasiswa dengan pihak internal maupun eksternal ITS,” terangnya.

Kemudian, dirinya pun menyampaikan bahwa kegiatan akademik saja belum tentu cukup untuk melengkapi kapasitas diri sebagai mahasiswa.  Perlu adanya kontribusi aktif mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan softskill dan hardskill yang dapat digali lewat UKM di ITS. “Kontribusi kalian akan bermanfaat untuk UKM dan untuk diri kalian sendiri,” ujar alumnus Departemen Teknik Sipil ITS itu.

UKM Flag Football ITS saat arak-arakan UKM dalam UKM EXPO 2023

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana UKM Expo 2023, Prameswari Diranti menjelaskan bahwa UKM Expo 2023 mengusung tema Stack Your Future dengan nuansa Lego. Wanita yang akrab dipanggil Memes ini menjelaskan, tema tersebut menggambarkan bahwa para mahasiswa baru ITS diharapkan mampu menyusun masa depannya melalui kegiatan ini.

Lebih lanjut, dirinya juga menyebutkan bahwa di hari pertama saja terdapat lebih dari 4300 mahasiswa baru telah melakukan registrasi di laman resmi UKM Expo 2023. “Jumlah mahasiswa baru yang datang hari ini melebihi perkiraan panitia dan melampaui partisipan tahun lalu,” terang mahasiswa Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS ini.

Salah satu UKM di ITS, ITS Foreign Language Society (IFLS) ITS saat mempromosikan UKM-nya di atas panggung UKM Expo 2023

Memes menambahkan, acara yang berlangsung di Taman Alumni ITS ini diikuti oleh 42 UKM yang terdiri dari beberapa bidang. Di antaranya ada 14 UKM bidang khusus, 13 UKM bidang olahraga, 7 UKM bidang seni, dan delapan UKM bidang bela diri. “UKM Expo 2023 menyediakan booth bagi UKM yang berpartisipasi untuk mempromosikan langsung UKM-nya,” papar mahasiswa ITS angkatan 2021 ini.

Tak hanya menggelar pameran, Memes menyebutkan bahwa seluruh UKM yang terlibat juga diberikan kesempatan untuk menampilkan kegiatan yang dapat menggambarkan UKM masing-masing. Selain itu, UKM Expo tahun ini juga bekerja sama dengan ITS Media Center dan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di sekitar lingkungan ITS.

Terakhir, Memes berharap, mahasiswa baru dapat terus mengeksplor dan merancang masa depannya selama berkuliah di ITS. “Semoga teman-teman mahasiswa baru bisa terjun ke organisasi atau kegiatan mahasiswa yang sesuai dengan minat bakatnya,” harap Memes. (*)

 

Reporter: Muhammad Aulia Zikra
Redaktur: Frecia Elrivia Mardianto

Berita Terkait