ITS News

Sabtu, 28 September 2024
22 Oktober 2023, 12:10

Peringati Hari Jadi, HMTG Pelopori Donor Darah Pertama Kali

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online
kegiatan donor darah hmtg

Anggota Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika (HMTG) ITS bersama perwakilan PMI Kota Surabaya dalam kegiatan donor darah di gedung Teknik Geofisika 

Kampus ITS, ITS NewsHimpunan Mahasiswa Teknik Geofisika (HMTG) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) helat kegiatan donor darah pertama dalam rangka memeriahkan hari jadi yang ke-8. Kegiatan yang dilaksanakan di gedung Departemen Teknik Geofisika ini sebagai bentuk bukti rasa kepedulian terhadap sekitar, Jumat (20/10).

Ketua pelaksana kegiatan ini, Eksi Galih Kenya Paramita menuturkan, adanya fakta di lapangan bahwa kegiatan donor darah masih kurang digalakkan membuat HMTG tergerak untuk melaksanakan kegiatan ini. Terutama di lingkup Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian (FTSPK) terlebih di Departemen Teknik Geofisika sendiri. “Di ITS sudah ada kegiatan donor darah, tetapi kurang menyeluruh,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa kegiatan ini menjadi langkah awal untuk kobarkan semangat empati antar sesama. HMTG ingin memberikan wadah bagi setiap orang untuk membantu orang lain, selain dari donasi yang sudah rutin dilakukan. “Kami turut menggandeng unit donor darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya untuk turut melancarkan kegiatan ini,” ucap perempuan yang kerap disapa Kenya ini. 

kegiatan donor darah HMTG

Peserta donor darah ketika melakukan medical check up bersama PMI Kota Surabaya

Menurutnya, meskipun baru pertama kali diadakan kegiatan donor darah, tetapi antusiasme pendonor sudah melebihi dari target. Dari awal sampai kegiatan selesai, tercatat lebih dari 50 orang yang mendaftarkan diri, baik dari ITS maupun masyarakat luar. “Melihat antusiasme pendonor, kami turut senang karena bisa mewadahi kegiatan sosial ini,” ucap mahasiswi asal Pasuruan ini.

Kenya menuturkan jika mayoritas pendonor berasal dari mahasiswa ITS sendiri. Besar harapannya kegiatan donor darah ini dapat dilaksanakan secara rutin. “Kami menargetkan dapat melakukan kegiatan ini setiap tahunnya sebagai event tahunan,” tutup Kepala Departemen Kesejahteraan Mahasiswa (Kesmas) HMTG tersebut. (*)

 

Reporter: ION 16
Redaktur: Rayinda Santriana U S

Berita Terkait