ITS News

Jumat, 27 September 2024
24 Oktober 2023, 22:10

Dukung Perekonomian, KKN Abmas ITS Kembangkan Alat Pengasapan Ikan

Oleh : itsmif | | Source : ITS Online
Tim KKN Abmas ITS bersama dengan masyarakat Desa Kejawan Putih Tambak

Tim Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat (KKN Abmas) ITS bersama dengan masyarakat Desa Kejawan Putih Tambak

Kampus ITS, ITS News — Kurang maksimalnya pengembangan potensi yang ada di masyarakat menjadi menjadi salah satu faktor penghambat kemajuan ekonomi. Melihat hal tersebut, tim Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat (KKN Abmas) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembangkan alat pengasapan ikan bandeng bagi masyarakat di Desa Kejawan Putih Tambak, Sukolilo.

Dosen pembimbing KKN, Iwan Cony Setiadi ST MT mengungkapkan bahwa Desa Kejawan Putih Tambak memiliki potensi dalam produksi ikan bandeng. Ikan bandeng yang dihasilkan memiliki rasa yang lezat dan tidak berbau lumpur. Sayangnya, potensi tersebut masih belum bisa dirasakan oleh masyarakat. “Pengolahan dan pemasaran ikan bandeng yang masih sederhana menjadi penyebabnya,” terang Iwan.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa mereka mengembangkan alat pengasapan ikan bandeng yang berguna untuk meningkatkan nilai jual dari ikan. Dosen yang tergabung dalam Laboratorium Rekayasa Fotonika tersebut menjelaskan, alat tersebut mengusung desain yang mengedepankan fitur kemudahan bagi penggunanya.

Gambar alat pengasapan ikan bandeng yang diinovasikan oleh mahasiswa ITS

Mahasiswa ITS ketika mendemonstrasikan cara penggunaan alat pengasapan ikan bandeng kepada masyarakat

Berbahan stainless steel, alat pengasapan tersebut terdiri atas beberapa bagian seperti cerobong, tungku, tray, termometer, hingga timer yang turut dipasang guna memudahkan pengguna. Jelas Iwan, dengan menggunakan alat pengasapan gagasan mahasiswa ITS tersebut, masyarakat dapat memproduksi ikan bandeng asap dengan cepat dan higienis.

Tak hanya pemberian alat pengasapan, Iwan menjelaskan bahwa tim KKN kali ini juga memberikan pelatihan terkait pemasaran produk makanan secara daring dan peningkatan daya jual produk. “Kami berikan penyuluhan tentang kemasan produk yang inovatif dan menarik bagi para konsumen,” ungkap Iwan.

Pelatihan dan penyuluhan yang diberikan oleh tim KKN kepada masyarakat

Sosialisasi dan pelatihan cara penggunaan alat pengasapan ikan oleh tim KKN Abmas ITS kepada masyarakat Desa Kejawan Putih Tambak, Sukolilo

Lewat serangkaian kegiatan KKN tersebut, masyarakat merasa terbantu dan dapat meningkatkan nilai jual produk dari sebelumnya. Ke depannya, tim KKN ini akan melakukan pendampingan produksi selama enam bulan. “Kami juga akan membantu menguruskan sertifikasi halal dan sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) untuk meningkatkan daya saing produk,” pungkasnya.

Tidak hanya dosen, Iwan dibantu oleh 28 mahasiswa Departemen Teknik Fisika ITS dan dua mahasiswa Departemen Teknik Infrastruktur Sipil ITS. Adapun tim tersebut diketuai oleh Fitriya Puspitasari Gunawan. (*)

 

Reporter: Mifda Khoirotul Azma
Redaktur: Rayinda Santriana U S

Berita Terkait