ITS News

Jumat, 27 September 2024
14 November 2023, 21:11

Tingkatkan Ekonomi, KKN Abmas ITS Kenalkan Budidaya Microgreens

Oleh : itsdhii | | Source : ITS Online
foto tim KKN Abmas ITS bersama ibu-ibu PKK Dusun Kalisari

Tim KKN Abmas ITS bersama ibu-ibu PKK Dusun Kalisari saat sosialisasi budidaya microgreens

Kampus ITS, ITS News — Perekonomian merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh sebagian masyarakat di Dusun Kalisari, Kecamatan Mulyorejo, Surabaya. Bantu atasi permasalahan tersebut, tim Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Masyarakat (KKN Abmas) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) gelar program pemberdayaan kader pengusaha microgreens untuk meningkatkan perekonomian di daerah tersebut. 

Diketuai oleh Nabielah Salwa Zanjabiela, kegiatan ini menyasar ibu-ibu yang tergabung dalam organisasi Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Dusun Kalisari. Mereka berkeinginan untuk membantu perekonomian keluarganya yang tergolong dalam ekonomi menengah ke bawah. “Tetapi mereka terhalang oleh syarat pekerjaan yang sulit dipenuhi oleh ibu-ibu PKK ini,” ungkapnya.

Berangkat dari hal tersebut, ia mengungkapkan bahwa tim nya memberikan program pelatihan budidaya microgreens. Microgreens sendiri merupakan sayuran berukuran kecil yang dapat dipanen tujuh hingga 21 hari setelah penanaman. Tanaman ini bisa ditanam di rumah tanpa memerlukan tanah yang luas, sehingga sangat cocok diterapkan di Dusun Kalisari yang cukup padat.

foto tim KKN Abmas ITS saat menyiram tanaman microgreens

Mahasiswa KKN Abmas ITS saat menyiram tanaman microgreens di Dusun Kalisari, Kecamatan Mulyorejo, Surabaya

Mahasiswa yang kerap disapa Salwa ini menjelaskan pelatihan dimulai dari penanaman hingga pemasaran. Dalam program pelatihan yang dilaksanakan sejak Juli hingga Agustus 2023 ini terdapat tiga kegiatan yang diinisiasikan oleh tim KKN Abmas ITS. “Kegiatan ini berupa Wonderwomen Microgreens (WoGreens), Semai Biji Harapan (Sebijih), dan Panen Lah Kita (Pelita),” rincinya. 

Lebih lanjut, tahap awal kegiatan ini WoGreens yang berupa sosialisasi mengenai budidaya microgreens kepada ibu-ibu PKK Dusun Kalisari. Setelahnya, dilakukan kegiatan Sebijih yaitu pendampingan proses penanaman dari persiapan hingga penyemaian benih microgreens. Tahap terakhir dalam program pelatihan ini adalah Pelita yaitu proses panen, pendistribusian, hingga penjualan hasil panen. 

gambar ibu-ibu PKK Dusun Kalisari memamerkan produk salad sayurnyaIbu-ibu PKK Dusun Kalisari menunjukkan produk salad sayur yang menggunakan microgreens sebagai salah satu bahan bakunya

Tim yang dibimbing oleh Dr Ir Saidah Ali Altway MSc ini mengembangkan produk salad sayur dengan microgreens sebagai salah satu bahannya. Hal itu karena kondisi pasar masih kurang familier dengan microgreens apabila penjualan produk microgreens tidak dijadikan olahan. “Dalam penjualannya kami juga siapkan strategi pengemasan seperti pembuatan logo produk,” jelas Salma. 

Mahasiswa Departemen Teknik Kimia Industri angkatan 2021 ini berharap agar hasil dari program KKN Abmas yang telah dilaksanakan ini dapat terus dijalankan oleh ibu-ibu PKK Dusun Kalisari. “Semoga program KKN Abmas ini dapat menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengatasi masalah perekonomian mereka,” harap Salwa. (*)

 

Reporter: Muhammad Fadhil Alfaruqi
Redaktur: Rayinda Santriana U S

Berita Terkait