Surabaya, ITS News — Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus berupaya untuk mendorong potensi usaha lokal di masyarakat. Bersama Gugah Nurani Indonesia (GNI) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV) ITS memberikan pendampingan branding kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang tersebar di Surabaya lewat program Communal Branding 2023.
Dalam Sambutannya, Walikota Surabaya Eri cahyadi ST MT menyampaikan bahwa kegiatan Communal Branding Festival ini merupakan salah satu kegiatan penting dalam upaya meningkatkan perekonomian Surabaya. “Dengan pergerakan UMKM semacam ini, diharapkan dapat menghapus pengangguran dan kesenjangan ekonomi di Surabaya,” jelas alumnus Teknik Sipil ITS tersebut.
Program ini dijalankan dengan tujuan untuk memperkuat usaha lokal di Surabaya. Melibatkan 31 kecamatan di kota tersebut, produk sejenis yang dihasilkan dari daerah tersebut akan diberikan identitas merek secara bersamaan. “Pemerintah bersama GNI akan memilih satu jenis produk yang paling mencerminkan berbagai usaha yang ada di setiap kecamatan,” tambahnya.
Dengan target tersebut, mengambil keputusan yang bijak dengan mempercayakan ITS untuk menjalankan proyek pemberdayaan masyarakat. Dalam kerangka ini, ITS melibatkan diri dalam memberdayakan 16 UMKM yang dipilih secara cermat. Kepercayaan tersebut tidak terlepas dari pengalaman ITS dalam kegiatan serupa, seperti One Pesantren One Produk (OPOP) yang dinilai sukses menggairahkan sektor UMKM.
Ketua Laboratorium Branding dan Strategi Komunikasi, Sayatman SSn MSi, menjelaskan bahwa proses pendampingan yang melibatkan lima dosen dan 80 mahasiswa dari Departemen DKV ITS dimulai dengan sosialisasi mengenai Communal Branding dan observasi lapangan. Temasuk informasi terkait jenis-jenis produk menjadi dasar penentuan nama produk yang akan digunakan secara komunal bersama warga.
Sejumlah karya desain melibatkan pembuatan logo dan identitas visual, buku profil, video pendek, dan kemasan untuk produk andalan kecamatan tersebut. Dalam proses penciptaannya, tahap ini juga mempertimbangkan nilai jual yang dapat ditekankan dari wilayah tersebut. “Desain diarahkan oleh ciri khas dan keistimewaan produk atau daerah untuk lebih memikat perhatian konsumen,” ujar Sayat, sapaan akrabnya.
Melalui kegiatan ini, Sayat menyatakan, penerapan branding secara berkelanjutan memiliki potensi untuk menjadikan suatu produk menjadi teringat oleh pembeli melalui karakteristik visualnya. Tujuan dari proses ini adalah untuk membimbing persepsi konsumen saat produk tersebut dibandingkan dengan beragam merek lain yang menawarkan produk serupa. Seperti, promosi media digital yang menjadi metode efektif untuk mengimplementasikan strategi branding.
Lulusan Magister Universitas Airlangga ini berharap kerja sama antara perguruan tinggi dan UMKM tidak berhenti di sini saja, melainkan dapat berlanjut ke bidang-bidang lain untuk mendukung proses pemberdayaan usaha masyarakat. “Seperti uji komposisi atau proses manajemen keuangan bisa lewat pendekatan dari departemen-departemen di ITS lainnya,” tutupnya.
Tidak berhenti di situ, dengan kemeriahannya, ajang prestisius antar UMKM ini juga menghadirkan usaha-usaha binaan GNI dan Pemkot Surabaya untuk memamerkan produk unggulannya, Sabtu (25/11). Bertempat di Balai Kota Surabaya, pameran ini juga dihiasi beberapa penampilan seperti pertunjukkan angklung, penyanyi cilik, hingga talkshow yang membahas branding dan seputar Communal Branding 2023. (*)
Reporter: M Febryan Khamim / Ricardo Hokky Wibisono
Redaktur: Fauzan Fakhrizal Azmi
Kampus ITS, ITS News — Sejak ditemukan pada 1862, plastik telah digunakan secara masif di dunia dan telah melahirkan
Kampus ITS, ITS News — Proses pembuatan batik sebagai warisan tanah air seringkali melibatkan penggunaan zat pewarna sintetis yang
Kampus ITS, ITS News — Terdapat lebih dari 13.000 sumur minyak terbengkalai di Indonesia yang memiliki potensi sebagai sumber energi
Kampus ITS, ITS News — Dalam upaya memperkenalkan pentingnya sertifikasi halal, tim Kuliah Kerja Nyata pengabdian Masyarakat (KKN Abmas)