ITS News

Jumat, 27 September 2024
30 November 2023, 21:11

Percepat Kerja Sama Bidang Tridarma, ITS Kunjungi Pemprov NTB

Oleh : itszik | | Source : ITS Online
Gambar pimpinan ITS bersama petingi pemerintah NTB

Jajaran pimpinan ITS bersama petinggi Pemerintah Provinsi NTB usai melakukan diskusi kerja sama di Kantor Gubernur NTB

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus melanjutkan sinergi dalam kerja sama tridarma perguruan tinggi dengan melakukan kunjungan resmi ke Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (29/11). Langkah konkret ini diambil untuk meneruskan komitmen bersama dan menggelar pembahasan lebih lanjut mengenai rencana program kolaborasi antara ITS dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB.

Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi, Kerjasama, dan Kealumnian ITS, Bambang Pramujati ST MScEng PhD mengungkapkan bahwa kunjungan tersebut merupakan langkah lanjutan dari kerja sama antara ITS dan NTB sejak 14 November 2020. Perjanjian kerjasama ini diformulasikan dengan maksud mengembangkan potensi sumber daya alam dan manusia di sekitar wilayah tersebut.

Dalam konteks ini, Bambang mengungkapkan adanya potensi kerja sama yang dapat dijalin dengan Pemprov NTB. Salah satu contohnya adalah pemanfaatan teknologi lampu sebagai sumber pencahayaan dalam kegiatan budidaya lobster dan alga. “Hasil kerja sama yang telah dilakukan antara ITS dan PT Panasonic ini dinilai mampu memberikan kemudahan bagi nelayan dalam proses penangkapan ikan,” tambah alumnus program sarjana Teknik Mesin ITS ini.

Gambar Rektor iTS dengan PJ Gubernur NTB

Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng (kanan) saat berdiskusi dengan PJ Gubernur NTB, Drs H Lalu Gita Ariadi (kiri)

Bukan hanya itu, Bambang juga menyampaikan harapannya agar ITS dapat dimanfaatkan untuk menjadi pionir dalam menyediakan teknologi yang mampu mentransformasi air laut menjadi air bersih melalui penerapan metode seawater reverse osmosis (SWRO). Melalui teknologi desalinasi air laut ini, Kampus Pahlawan ini diharapkan dapat memberikan bantuan kepada penduduk NTB, terkhusus di wilayah utara Lombok yang kerap menghadapi krisis pasokan air bersih pada musim kemarau.

Tak hanya dalam bidang riset dan teknologi, Pemprov NTB sebagai bagian dari kerja sama akan menyediakan program beasiswa untuk mendukung putra-putri terbaiknya agar dapat melanjutkan pendidikan di ITS. Beasiswa ini diharapkan dapat memberikan dukungan signifikan kepada masyarakat setempat untuk melanjutkan pendidikan mereka mulai dari tingkat sarjana hingga pascasarjana. “Tentunya, juga diatergetkan agar mahasiswa ITS dapat lebih banyak melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di NTB,” ujar pria kelahiran Yogyakarta tersebut.

Gambar situasi petinggi ITS saat berdiskusi dengan pemerintah NTB

Suasana diskusi kerja sama antara para pimpinan ITS bersama para petinggi Pemerintah Provinsi NTB di Kantor Gubernur NTB

Berbekal tawaran menarik dari kedua belah pihak, sebagai institusi teknologi, ITS berharap bahwa kerja sama dengan Pemprov NTB akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Kedua belah pihak tentunya berkeinginan agar program kolaborasi yang telah direncanakan dapat segera diimplementasikan. “Dengan demikian, manfaat ITS akan semakin dirasakan oleh masyarakat luas sesuai dengan semboyan ITS, yaitu membumi untuk mendunia,” pungkas Bambang penuh harap.

Menyambung langkah kolaboratif ini, turut serta dalam kunjungan yakni jajaran pimpinan tinggi ITS, termasuk Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng, Direktur Kerjasama dan Pengelolaan Usaha (DKPU) ITS, Tri Joko Wahyu Adi ST MT PhD, serta perwakilan Ikatan Alumni (IKA) ITS Nusa Tenggara. Dalam konteks ini, pemerintah provinsi NTB memberikan kesempatan sebesar-besarnya bagi ITS untuk bersinergi dalam mengembangkan potensi sumber daya di NTB. (*)

 

Reporter: Muhammad Aulia Zikra
Redaktur: Fauzan Fakhrizal Azmi

Berita Terkait