ITS News

Jumat, 27 September 2024
10 Desember 2023, 07:12

FDGBI Tunjuk Ketua Dewan Profesor ITS Sebagai Wakil Ketua Umum

Oleh : itsash | | Source : ITS Online
Gambar Prof Imam Robandi terpilih sebagai Wakil Ketua FDGBI

Prof Dr Ir Imam Robandi MT PhD, Wakil Ketua Umum FDGBI terpilih masa jabatan 2024-2025

Kampus ITS, ITS News Ketua Dewan Profesor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Prof Dr Ir Imam Robandi MT PhD terpilih sebagai Wakil Ketua Umum Forum Dewan Guru Besar Indonesia (FDGBI) untuk periode 2024-2025. Keputusan ini diambil dalam Kongres IV FDGBI 2023 yang diselenggarakan di Banda Aceh, Minggu (2/12).

Delegasi ITS dalam Kongres IV FDGBI, Prof Dr Ir Djatmiko Ichsani M Eng mengungkapkan bahwa Imam terpilih untuk mendampingi Prof Dr Ir Abubakar MS dari Senat Akademik Universitas Syiah Kuala sebagai ketua. Ia berhasil terpilih melalui sistem pemilihan yang dilakukan melalui forum musyawarah mufakat. “Pemilihan ini tidak didasarkan pada voting, melainkan dipertimbangkan dalam forum bersama untuk mencapai kesepakatan,” jelasnya.

Gambar serah terima jabatan FDGBI

(paling kiri) Delegasi ITS, Prof Dr Ir Djatmiko Ichsani MEng bersama Ketua Umum FDGBI, Prof Dr Ir Abubakar MS saat serah terima jabatan dalam Kongres IV FDGBI di Banda Aceh (Sumber: usk.ac.id)

FDGBI sendiri merupakan sebuah forum yang secara institusional menaungi berbagai dewan guru besar di seluruh Indonesia. Forum ini menjembatani dan mensinergikan antar perguruan tinggi di Indonesia, khususnya terkait peningkatan peran dan kualitas para guru besar. Forum ini bertujuan untuk menghilangkan disparitas dan meningkatkan kualitas aktivitas guru besar di setiap perguruan tinggi.

Sebelumnya, ITS sudah bergabung dan aktif berpartisipasi sebagai anggota forum FDGBI. Sebagai anggota forum, ITS telah memberikan kontribusi positif dalam sinergi antar perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas aktivitas guru besar di seluruh Indonesia. Melalui Dewan Profesornya, ITS menyatakan kesiapannya untuk mendampingi FDGBI dalam mengisi pembangunan bangsa. 

Gambar Prof Djatmiko ITS saat memberikan sambutan di FDGBI

Prof Dr Ir Djatmiko Ichsani MEng saat menyampaikan kesanggupan ITS sebagai Wakil Ketua Umum FDGBI periode 2024-2025

Sebagai informasi tambahan, Djatmiko menyampaikan bahwa FDGBI memiliki tradisi pergantian kepengurusan setiap dua tahun. Dalam tradisi ini, wakil ketua umum yang terpilih akan menjabat sebagai ketua umum pada periode selanjutnya. Pada kongres tahun ini, dua calon wakil ketua umum diajukan adalah Ketua Dewan Profesor ITS dan seorang Profesor dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Terakhir, dalam forum tersebut, Djatmiko menyampaikan harapannya agar seluruh anggota dapat ikut aktif mendorong FDGBI dan berkomitmen untuk menjalankan program-program sesuai dengan tujuan bersama. “Utamanya, semoga ITS dapat lebih memajukan FDGBI untuk terjalin kerjasama yang lebih baik demi kebermanfaatan nusa dan bangsa Indonesia,” pungkasnya.(*)

 

Reporter: Lathifah Sahda
Redaktur: Nurul Lathifah

Berita Terkait