ITS News

Jumat, 27 September 2024
18 Desember 2023, 22:12

Apresiasi Ide Kreatif, Penganugerahan ITSprovement 7.0 Kembali Hadir

Oleh : itszah | | Source : ITS Online

Semarak Penganugerahan ITSprovement 7.0

Kampus ITS, ITS News – Senantiasa mendukung kreativitas tenaga kependidikan (tendik), Direktorat Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali melangsungkan Penganugerahan ITSprovement 7.0, Senin (18/12). Tahun ini, Improvement Idea Competition #KontribusiNyatauntukITS menjadi tema yang diusung.

Direktur SDMO ITS, Dr Ir Sri Gunani Partiwi MT, mengungkapkan bahwa acara yang berlangsung di Plaza Dr Angka ini dirancang sebagai sebuah wadah yang dapat memfasilitasi tendik ITS untuk mengeluarkan ide dengan inovasi-inovasi yang dimiliki untuk ITS. “Nantinya, ide-ide kreatif ini supaya bisa dimanfaatkan dan memberikan sumbangsih yang lebih nyata bagi ITS,” jelasnya.

Tahun ini, banyak ide inovatif yang turut memeriahkan kegiatan. Misalnya saja myITS Lost & Found sebagai upaya peningkatan pengembalian barang hilang, ITSpik sebagai ITS Social Media Asset Center and Management, dan banyak lainnya. Adapun terdapat peningkatan jumlah peserta dari tahun ke tahun. Pasalnya, sejak diselenggarakan dari tahun pertama, terdapat 486 ide inovatif yang telah terdaftar. “Tahun ini terdapat 90 ide dari para tendik, baik dari unit kerja yang sama maupun kolaborasi antar unit,” paparnya.

Direktur Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) ITS, Dr Ir Sri Gunani Partiwi MT membuka kegiatan Penganugerahan ITSprovement 7.0

Dosen Departemen Teknik Industri ini juga menambahkan, para juara dari tahun lalu juga turut andil menjadi mentor bagi karya-karya para peserta. “Variasi penghargaan tahun ini juga beragam, mulai dari penghargaan khusus rektor dan wakil rektor hingga penghargaan ide meliputi perunggu, perak, dan emas,” terangnya.

Mengapresiasi lebih banyak ide, penghargaan kategori perunggu, perak, dan emas ini diberikan kepada masing-masing tiga tim peraih. Penghargaan emas diraih oleh tim DHA, Last Detectives, dan Wonder Woman. Selain itu, diserahkan pula oleh Rektor ITS, tim Last Detectives meraih Penghargaan Khusus Rektor sebagai Ide Terbaik. Adapun penghargaan perak diraih oleh tim ULDC PION, AIA Genlits, dan Keep Safety. Sedangkan tim Safety Man, Thinks of Things, dan SPAM meraih penghargaan perunggu.

Pemberian penghargaan kepada peraih emas ITSprovement 7.0, tim Last Detectives oleg Rektor ITS

Selain ketiga penghargaan tersebut, terdapat pula Penghargaan Spesial Wakil Rektor ITS dengan berbagai kategori yang berbeda. Di antaranya Penghargaan Spesial Wakil Rektor I ITS sebagai Ide Paling Berdampak kepada tim Seratus Persen, Penghargaan Spesial Wakil Rektor II sebagai Ide Terefisien disabet oleh tim AIA Genlits, Penghargaan Spesial Wakil Rektor III sebagai Ide Terefektif jatuh kepada tim Last Detectives, serta Penghargaan Spesial Wakil Rektor IV sebagai Ide Terinovatif yang diraih tim Seratus Persen.

Mengapresiasi lebih banyak potensi, tim Akreditasi A berhasil meraih anugerah tim dengan pertunjukkan terbaik. Sementara itu, tim ULDC PION berhasil meraih gelar juara favorit melalui pemungutan suara secara daring dan luring. Kemudian tim dengan partisipasi terbaik diraih oleh tim IF-Provement dan Seratus Persen.

Sri mengungkapkan bahwa peran mentor sangat penting dalam mendampingi tim selama perlombaan. Oleh karenanya, mentor juga diberikan penghargaan tersendiri. Adapun apresiasi spesial dengan kategori Mentor Terbaik ini berhasil diraih oleh Diana Ekawati.

Kunjungan Rektor ITS pada salah satu stand ITSprovement 7.0

Tak hanya berupa apresiasi, dalam acara ini, ITS SDMO juga menghelat diskusi dengan pemaparan materi Pencapaian Pertumbuhan Eksponensial Organisasi melalui Penguatan Ekosistem Inovasi. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan motivasi berkarya oleh para tendik yang turut serta dalam kompetisi. Adapun Mochammad Kharis ST MMT turut hadir sebagai pembicara utama dalam agenda ini.

Menutup dengan bangga, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng menyampaikan apresiasinya terhadap kontribusi para peserta. Ashari juga menyampaikan kesempatan bagi para peraih penghargaan perak dan emas untuk melaju pada ajang Temu Karya Mutu & Produktivitas Nasional (TKMPN) 2024. “Ide-ide ini memperlihatkan betapa pesatnya kemajuan ITS dalam upaya kemajuan di berbagai aspek yang sangat layak untuk mendapat dukungan pengembangan lebih kedepannya,” pungkasnya. (*)

Reporter: Faadhillah Syhab Azzahra
Redaktur: Irwan Fitranto

Berita Terkait