ITS News

Jumat, 27 September 2024
19 Desember 2023, 16:12

Bagikan Kisah Inspiratif, Agoes Tulis Buku Berjudul Sendiri Mengejar Mimpi

Oleh : itskaii | | Source : ITS Online
Prof Dr Ir H Agoes Santoso Msc Mphil CEng FIMarEST MRINA (tengah) melakukan sesi foto bersama

Prof Dr Ir H Agoes Santoso Msc Mphil CEng FIMarEST MRINA (tengah) melakukan sesi foto bersama

Kampus ITS, ITS News — Kisah hidup Prof Dr Ir H Agoes Santoso MSc MPhil CEng FIMarEST MRINA dituliskannya pada buku yang berjudul Sendiri Mengejar Mimpi. Mengupas isi buku tersebut, Dosen Teknik Sistem Perkapalan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini menyisipkan pesan tentang pentingnya kerja keras dan pantang menyerah.  

Buku Sendiri Mengejar Mimpi ini merupakan karya keempat penulis yang baru saja diterbitkan pada 2023. Buku autobiografi ini berisi tentang lika-liku perjalanan hidup Agoes dalam menggapai mimpinya walaupun banyak rintangan yang menghadang. 

Dari perjalanan tersebut, pria kelahiran Tulungangung ini berusaha untuk menyampaikan makna kehidupan dari perspektifnya. Baginya, hidup adalah sebuah ekspedisi dalam menemukan tujuan dan menggapai cita-cita. “Salah karena melakukan sesuatu lebih baik daripada tidak salah karena tidak melakukan apa-apa,” ujarnya. 

Prof Dr Ir H Agoes Santoso Msc Mphil CEng FIMarEST MRINA memaparkan isi buku

Prof Dr Ir H Agoes Santoso Msc Mphil CEng FIMarEST MRINA memaparkan isi Buku Sendiri Mengejar Mimpi

Usahanya membuahkan hasil, di usianya yang ke-55 tahun ia berhasil mewujudkan mimpinya. Dari serangkaian panjang pendidikan yang ditempuh, ia berhasil dikukuhkan sebagai profesor ke-170 dari Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS dengan 300 karya rancangan desain kapal miliknya. “Proses untuk sampai pada tahap ini membutuhkan banyak keringat yang deras mengalir,” bubuhnya. 

Rancangan desain kapal tersebut tidak hanya kapal militer maupun komersial, tetapi juga tipe–tipe Advanced Marine Vehicles (AMV) spesial seperti Hovercraft, Airboat, Tank Amphibi, dan lainnya. Agoes juga terlibat di beberapa peristiwa monumental, salah satunya pembangunan kapal patroli Hiu Macam 003 sebagai kapal berbahan baja pertama di lingkungan Departemen Kelautan dan Perikanan.

Tak berhenti di situ, salah satu tantangan terbesar yang pernah dirasakan oleh pria kelahiran 1968 ini adalah ketika dirinya mengidap penyakit kanker. Hal tersebtut mengharuskannya untuk penyembuhan di Singapura. “Kondisi ini tidak menghentikan saya untuk terus berkarya dan menggapai impian,” tutur Alumnus Teknik Permesinan Kapal ITS tersebut. 

Sampul Buku Sendiri Mengejar Mimpi karya Prof Dr Ir H Agoes Santoso Msc Mphil CEng FIMarEST MRINA

Pria yang hobi bermusik ini menyampaikan bahwa karyanya ditujukan untuk masyarakat luas, terutama mahasiswa pascasarjana Teknik Sistem Perkapalan ITS. Selain untuk memberikan motivasi kepada pembaca dari filosofi-filosofi hidup yang menginspirasi, tetapi juga terdapat berbagai karya desain kapal yang dihasilkan selama perjalanan menuju impiannya. 

Ia mengucapkan terima kasih pada berbagai pihak yang turut mendukung penyelesaian dari buku ini, terutama kepada keluarga yang selalu mendukungnya. Ia berharap melalui agar buku Sendiri Mengejar Mimpi dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca. “Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi masyarakat luas dan menjadi motivasi untuk terus mengejar mimpi,” ujar Agoes. (*)

 

Reporter: Khaila Bening Amanda Putri
Redaktur: Rayinda Santriana U S

Berita Terkait