ITS News

Sabtu, 31 Agustus 2024
21 Mei 2024, 19:05

Menilik Fenomena Galaksi Bimasakti Menghiasi Langit Indonesia

Oleh : itsdhii | | Source : ITS Online
galaksi bima sakti yang berhasil diabadikan oleh salah seorang pengguna X

Fenomena terlihatnya galaksi bima sakti yang berhasil diabadikan oleh salah seorang pengguna X (sumber: x.com/wordssupremacy

Kampus ITS, ITS News — Akhir-akhir ini, cukup ramai perbincangan mengenai indahnya langit malam Indonesia yang dihiasi oleh hamparan bintang-bintang galaksi Bimasakti. Sebetulnya, apakah fenomena ini normal terjadi dan apa yang menjadi penyebabnya?

Dosen Departemen Fisika, Dr rer nat Bintoro Anang Subagyo SSi MSi menyampaikan bahwa kondisi tersebut sebetulnya bukanlah kondisi yang langka. Dirinya menjelaskan bahwa fenomena ini cukup mirip dengan fenomena kemunculan rasi bintang yang berbeda-beda setiap bulannya. “(tak terlihat, red) Bukan karena rasi bintang tersebut hilang, kondisi arah bumi yang berubah-ubahlah yang membuatnya hanya terlihat pada bulan tertentu,” jelas Bintoro.

Hal yang sama juga terjadi pada fenomena ini. Pada nyatanya, pemandangan galaksi bima sakti yang indah tersebut sangat bergantung pada arah bumi menghadap ketika malam hari. Posisi bumi yang berada di dalam galaksi Bimasakti menjadi alasan hadirnya hamparan galaksi tersebut menghiasi langit malam bumi, tepat ketika bumi menghadap ke pusat galaksi.

gambar pergerakan matahari dan bumi di galaksi bima sakti

Pergerakan matahari dan bumi di dalam galaksi bima sakti

Bintoro menerangkan bahwa pada umumnya, fenomena ini akan terjadi setiap kali bumi akan memasuki musim panas sebab pada musim inilah galaksi Bimasakti dapat lebih mudah terlihat. Akan tetapi, dirinya juga menyampaikan bahwa tidak menutup kemungkinan fenomena ini tak akan muncul lantaran kondisi tertentu. “Sebab posisi bumi mengelilingi matahari bukanlah sistem yang sederhana,” tambah lulusan doktor dari University of Oldenburg tersebut.

Lebih lanjut, Bintoro juga menyampaikan bahwa pada prinsipnya, galaksi Bimasakti dapat dilihat dengan mata tanpa alat bantu. Akan tetapi, polusi cahaya di sekitar pengamatan membuatnya sulit untuk terlihat. Hal ini dapat diperparah dengan adanya polusi udara serta kondisi cuaca buruk yang dapat menutupi pandangan ke arah langit juga menjadi penghalang untuk melihat formasi galaksi Bimasakti secara langsung.

Meskipun tidak dapat dilihat secara langsung, Bintoro menyebutkan bahwa pengamat dapat menggunakan alat bantu untuk melihat indahnya galaksi Bimasakti tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR). “Dengan pengaturan exposure yang tepat, kita dapat memposisikan kamera tersebut ke arah yang tepat agar mampu merekam dengan baik,” jelasnya. (*)

 

Reporter: Muhammad Fadhil Alfaruqi
Redaktur: Irwan Fitranto

Berita Terkait