ITS News

Senin, 02 September 2024
03 Juni 2024, 13:06

ITS Automotive Team Unjuk Karya di Ajang IIMS Surabaya

Oleh : itsrif | | Source : ITS Online
Foto Staf Tim Nogogeni (kiri) saat menjelaskan salah satu inovasi mobil urban etanolnya kepada pengunjung

Staf Tim Nogogeni (kiri) saat menjelaskan salah satu inovasi mobil urban etanolnya kepada pengunjung

Surabaya, ITS News – Untuk memperkuat reputasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di kancah internasional, ITS Automotive Team ikut serta gelaran tahunan pameran otomotif, Indonesia International Motor Show (IIMS) Surabaya 2024. Berbagai karya inovatif dipamerkan dalam acara yang berlangsung selama lima hari sejak Rabu (29/5) di Grand City, Surabaya ini.

Salah satu Staf Tim Antasena, Richard Wijaya menuturkan bahwa ITS Automotive Team memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan inovasi kendaraan ramah lingkungan. Selain itu, acara ini juga sebagai wadah untuk memperkenalkan Tim Riset ITS yang berfokus pada pengembangan otomotif. “Targetnya adalah masyarakat umum, khususnya siswa SMK agar dapat mengetahui karya yang dibawakan masing-masing tim,” jelasnya.

Dalam pameran ini, ITS Automotive Team menampilkan beberapa karya kebanggannya seperti motor listrik Thevin EV oleh Tim Anargya. Menggunakan dua buah baterai Ion-Lithium (Li-Ion) sebagai sumber energi utama, motor listrik ini dapat menempuh jarak hingga 100 kilometer. Ada juga tiga mobil prototipe yang dimiliki oleh Tim Spektronics di antaranya Spektronics 25, Spektronics 26, dan Spektronics 27.

Foto Walikota Surabaya, Eri Cahyadi (baju putih) bersama Tim Sapuangin ITS di Gelaran IIMS Surabaya

Walikota Surabaya, Eri Cahyadi (baju putih) bersama Tim Sapuangin ITS di Gelaran IIMS Surabaya

Tak ketinggalan Mobil Formula Sapuangin Speed 7 andalan Tim Sapuangin yang mengunggulkan kecepatan saat berpacu di sirkuit. Selain itu, hadir pula Antasena Alpha, mobil andalan Tim Antasena yang mengonversi hidrogen menjadi listrik sebagai bahan bakar. Di kesempatan yang sama, Tim Nogogeni turut memamerkan Nogogeni VI, mobil dengan sumber energi utama etanol dan memiliki efisiensi bahan bakar hingga 360 kilometer per liter.

Acara yang menampilkan berbagai inovasi kendaraan ini turut dihadiri oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, sebagai bentuk dukungan terhadap industri otomotif dalam negeri. Dalam kesempatannya, Eri menyampaikan rasa bangga terhadap karya yang dikembangkan oleh Mahasiswa ITS. “Semangat besok lombanya, semoga membawa prestasi yang membanggakan,” ujar lelaki yang juga merupakan Alumnus ITS itu.

Foto sesi tanya jawab dalam Talkshow yang dibawakan Tim Sapuangin ITS, menghadirkan siswa SMK Negeri 3 Surabaya

Sesi tanya jawab dalam talkshow yang dibawakan Tim Sapuangin ITS, menghadirkan siswa SMK Negeri 3 Surabaya

Tak hanya menunjukkan inovasi kendaraan, setiap tim yang tergabung dalam ITS Automotive Team  juga berpartisipasi dalam Talkshow yang diselenggarakan selama berlangsungnya acara. Talkshow yang bertujuan untuk mengenalkan keunggulan dan teknis kerja produk otomotif karya ITS ini dihadiri siswa SMA/sederajat di Surabaya yang memiliki minat dalam bidang otomotif.

Terakhir, Alifia Salsa Nabila Putri dari Tim Spektronics turut menyampaikan harapannya agar nama ITS Automotive Team dapat semakin dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, masyarakat juga bisa lebih peduli terhadap perkembangan energi terbarukan, khususnya pada kendaraan. “Seluruh tim akan bersinergi untuk mengharumkan nama ITS dan Indonesia di kancah dunia,” pungkas Alifia optimistis. (*)

 

Reporter: A. Rifda Yuni Artika
Redaktur: Fathia Rahmanisa

Berita Terkait