ITS News

Minggu, 01 September 2024
07 Juni 2024, 18:06

Teken Mou, ITS Digitalisasi Sistem Pelayanan Pemkab Morowali Utara

Oleh : itshan | | Source : ITS Online

Penandatanganan MoU Digitalisasi oleh Pelaksana Tugas Wakil Rektor IV ITS Agus Muhamad Hatta ST MSi PhD (kiri) dan Sekda Kabupaten Morowali Utara, Ir Musda Guntur MM (kanan)

Kampus ITS, ITS News — Perkembangan teknologi memaksa semua sektor untuk bertransformasi secara digital, tak terkecuali sektor pelayanan pemerintah. Dukung perkembangan digitalisasi sistem, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menangdatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali Utara di Ruang Rapat Pimpinan Rektorat ITS, Kamis (6/6).

Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Morowali Utara, Ir Musda Guntur MM menyebut, penandatanganan MoU ini merupakan jalinan kerja sama antara ITS dengan Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, untuk meningkatkan indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)-nya. Indeks SPBE  sendiri, ujar Musda, merupakan indikator digitalisasi sektor pelayanan pemerintah.

Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Morowali Utara Ir Musda Guntur MM saat memberikan sambutan pada kegiatan penandatanganan nota kesepahaman

Lebih lanjut, Mantan Ketua Bappeda Morowali Utara ini menerangkan bahwa Indeks SPBE menunjukan seberapa banyak pengolahan pelayanan pemerintah suatu daerah yang dilakukan secara digital. Indeks ini sangat penting bagi suatu daerah dan sudah menjadi imbauan sesuai Peraturan Presiden (Perpres) nomor 95 tahun 2018 yang mewajibkan digitalisasi atas pelayanan pemerintah daerah.

Musda menilai, ITS menjadi mitra kerja sama yang tepat karena memiliki kompetensi luar biasa pada bidang pengembangan teknologi. Kompetensi ini ditunjukkan dari rekam jejak yang dimiliki ITS dalam membantu daerah lain. “Dengan sistem layanan yang lebih cepat, langkah penandatangan ini diharap menjadi buah manis bagi perekonomian Kabupaten Morowali Utara ke depannya,” tuturnya.

Sambutan Pelaksana Tugas Wakil Rektor IV ITS Agus Muhamad Hatta ST MSi PhD pada MoU digitalisasi Pemkab Morowali Utara, Kamis (6/6)

Menanggapi sambutan tersebut, Pelaksana Tugas Wakil Rektor IV ITS, Bidang Riset, Inovasi, Kerja sama, dan Kealumnian ITS, Agus Muhamad Hatta ST MSi PhD berterima kasih atas kepercayaan Morowali Utara terhadap ITS. Ia menyatakan bahwa ITS mendukung penuh rencana digitalisasi Pemkab Morowali Utara. “Rencana ini dapat berimbas kepada peningkatan manfaat di berbagai sektor bisnis yang ada,” pandangnya. 

Laki-laki yang akrab di sapa Hatta ini juga berharap akan adanya kerjasama di bidang lain, seperti pada sektor air minum dalam kemasan, pembangunan dan infrastruktur, serta pengembangan Sumber Daya Manusia. Hatta percaya, dengan banyaknya kerja sama yang dilakukan, manfaat yang diperoleh kedua belah pihak akan turut semakin banyak.

Kegiatan penandatanganan MoU ini dilanjutkan dengan komunikasi intensif antara ITS dan Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Morowali. Secara bersamaan, ITS juga akan meninjau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di tempat pengembangan guna meningkatkan kesadaran akan penggunaan sistem layanan digital. (*)


Reporter: Ahmad Farhan Alghifari
Redaktur: Difa Khoirunisa

Berita Terkait