ITS News

Minggu, 01 September 2024
22 Juni 2024, 17:06

Vokasi ITS Resmikan DEVITS, Tim Pengembangan Wirausaha di Fakultas

Oleh : itszik | | Source : ITS Online
Gambar Kemeriahan Peresmian DEVITS

Kemeriahan sivitas akademika usai peresmian DEVITS serta Rembug Vokasi yang diadakan di Departemen Teknik Mesin Industri ITS

Kampus ITS, ITS News – Selain penghasil sarjana terapan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Fakultas Vokasi (FV) juga mendorong mahasiswanya untuk berwirausaha. Mendukung komitmen itu, mereka meresmikan Development Center of Vocational Entrepreneurship ITS (DEVITS) yang bertempat di Departemen Teknik Mesin Industri, Jumat (21/6). 

Ketua Tim DEVITS, Ardista Izdhihar Kaloka STrT MT menyampaikan, DEVITS merupakan salah satu produk inovasi dari Zona Integritas untuk mengimplementasikan dan mengembangkan konsep bisnis yang ada di fakultas ini. Pengembangan kewirausahaan terbuka bagi seluruh sivitas akademika baik mahasiswa, dosen, maupun tenaga pendidik yang berminat pada bidang wirausaha. “DEVITS juga akan membantu jika terdapat kendala dalam bisnis mereka kapan pun,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dosen Departemen Teknik Kimia Industri ITS ini menjelaskan bahwa terdapat empat divisi yang terdapat dalam DEVITS. Diantaranya ialah, divisi pengembangan, marketing dan komunikasi eksternal, teknologi informasi, serta desain. Ke depannya, divisi-divisi ini akan menjalankan agenda serta program untuk mendukung pengembangan usaha yang mereka himpun.

Adapun program-program yang menjadi unggulan DEVITS ditujukan untuk fokus pengembangan usaha. Seperti inkubator bisnis yang merupakan tempat pengembangan gagasan menjadi produk nyata. Kemudian terdapat akademi DEVITS dan webinar entrepreneur yang menjadi wadah untuk para mahasiswa belajar dari para alumni ITS serta praktisi yang berpengalaman dalam berwirausaha. 

Gambar Peresmian DEVITS ITS

Penyerahan nasi tumpeng sebagai simbolis peresmian DEVITS dari Wakil Rektor II ITS, Dr Machsus ST MT (bercelana jeans biru) kepada Dekan Fakultas Vokasi ITS, Prof Ir Muhammad Sigit Darmawan MEng Sc Phd (paling kiri)

Tak hanya itu, Ardista menyatakan bahwa mahasiswa yang tergabung dalam DEVITS akan didorong untuk menciptakan produk yang dapat dijual dalam laman DEVITS yang dikelola oleh divisi teknologi informasi. Produk tersebut rencananya akan dijual secara daring dan harapannya dapat dipasarkan langsung pada kegiatan Vokasi ITS Festival (Voits) mendatang.

Lebih dari itu, wadah pengembangan yang juga bermitra dengan Pengembangan Kewirausahaan dan Karir (PK2) ITS ini juga menghimpun data mahasiswa vokasi yang memiliki minat dan kompetensi dalam wirausaha. “Hal itu dapat menjadi alternatif satu pintu apabila ITS ataupun mitra-mitra lainnya yang sedang mencari mahasiswa vokasi untuk berwirausaha,” tutur alumnus Magister Teknik Kimia ITS itu.

Peresmian yang diwakili oleh Wakil Rektor II Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sarana Prasarana, Dr Machsus ST MT ini menyambut baik inisiatif dari fakultas vokasi. Dirinya mengharapkan adanya DEVITS dapat menjadi pemicu fakultas lainnya untuk menyediakan wadah pengembangan yang serupa guna mendukung langkah ITS menuju Entrepreneural University. (*)

 

Reporter: Muhammad Aulia Zikra
Redaktur: Rayinda Santriana U S

Berita Terkait