ITS News

Sabtu, 06 Juli 2024
06 Juli 2024, 19:07

ITS Gelar Khitanan Massal Guna Sambut Dies Natalis Ke-64

Oleh : itsdhii | | Source : ITS Online
gambar penyerahan souvenir kepada peserta khitanan massal

Wakil Rektor III ITS, Imam Baihaqi ST MSc PhD saat menyerahkan cendera mata kepada para peserta Khitanan Massal di ITS

Kampus ITS, ITS News — Selain untuk menjalankan syariat agama Islam, khitan juga memberikan manfaat dalam kesehatan. Oleh karena itu, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) gelar Khitanan Massal di Gedung Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK) ITS, Sabtu (6/7).

Dekan FKK ITS, Dr dr Imam Susilo SpPA(K) FISCM MIAP menjelaskan, acara Khitanan Massal tersebut merupakan bagian dari rangkaian Dies Natalis ITS ke-64. Agenda ini bukanlah yang pertama kalinya dilaksanakan oleh ITS. “Pada tahun lalu ITS juga melaksanakan Khitanan Massal dalam rangka menyambut Dies Natalis ITS ke-63,” ungkap Imam.

Gambar Dekan FKK ITS saat menyampaikan sambutanya

Dekan FKK ITS Dr dr Imam Susilo SpPA(K) FISCM MIAP saat menyampaikan sambutannya dalam pembukaan kegiatan Khitanan Massal di ITS

Lebih lanjut, Imam mengungkapkan bahwa acara kali ini merupakan agenda yang sangat penting sebab tidak hanya menyangkut perihal dunia, tetapi juga akhirat. Oleh karena itu, ITS menggandeng berbagai pihak untuk menyukseskan acara ini. Di antaranya adalah Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo, Universitas Airlangga, Dinas Kesehatan Kota Surabaya, dan Pemerintah Kota Surabaya.

Melalui kerjasama tersebut, ITS berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaiknya bagi para peserta Khitanan Massal. Salah satunya adalah dengan menghadirkan tenaga-tenaga yang kompeten untuk menangani 99 anak peserta Khitanan Massal kali ini. “Selain itu kami juga memilih dan menyediakan obat yang terbaik juga karena kita tentu tidak boleh mengecewakan masyarakat,” tambahnya.

Eri Cahyadi saat menyampaikan sambutannya

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi ST MT saat menyampaikan sambutannya dalam pembukaan acara Khitanan Massal di ITS

Turut menghadiri acara, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi ST MT menyampaikan bahwa agenda ini perlu diadakan untuk membentuk pemimpin masa depan yang baik. Menurutnya, pemimpin yang baik adalah yang tidak hanya kuat secara fisik dan ilmu, melainkan juga dalam akidah agamanya. “Bagi umat muslim, salah satu bentuk menjalankan akidah agamanya adalah melalui khitanan ini,” terangnya.

Eri berharap agar anak-anak yang dikhitan pada Khitanan Massal ini menjadi anak yang sehat dan berakhlak mulia. Selanjutnya, dirinya juga berdoa agar agenda ini dapat memberikan keberkahan bagi semua pihak, khususnya ITS. “Saya berharap agar kita tidak berhenti berbuat kebaikan pada hari ini saja dan dapat berbuat kebaikan di hari-hari selanjutnya,” pungkasnya. (*)

 

Reporter: Muhammad Fadhil Alfaruqi
Redaktur: Gandhi Kesuma

Berita Terkait