Kampus ITS, ITS News — Departemen Manajemen Bisnis (MB) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali selenggarakan pameran tugas akhir mahasiswa melalui helatan Creatizen 5.0, Sabtu (29/6). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pameran tahun ini turut menggaet berbagai penggiat wirausaha untuk memperluas kesempatan kolaborasi bisnis.
Dikemas dalam konsep Meet Your business Opportunities in collaboration with TDC (MOMENT), Creatizen 5.0 tak hanya menjadi wadah pameran tugas akhir mahasiswa, tetapi juga talkshow terkait proyek bisnis. “Dengan menggandeng banyak pihak eskternal, diharapkan semangat wirausaha yang disebarkan juga dapat menjangkau khalayak ITS yang lebih luas,” ungkap Ketua Panitia Creatizen 5.0 Mafaza Arsy.
Mengusung tema Whimsical Wonderland, Creatizen 5.0 hadirkan 43 stan pameran mahasiswa dari mata kuliah Business Consulting Project (BCP) dan New Venture Creation (NVC). Masing-masing stan menampilkan hasil akhir dari proyek yang telah dijalankan selama satu semester. Pada pemeran mata kuliah BCP, mahasiswa menampilkan portofolio konsultasi yang telah dilakukan kepada mitra UMKM dengan solusi implementatif.
Adapun pada pameran mata kuliah NVC, mahasiswa menampilkan ide inovasi bisnis yang merupakan hasil analisis permasalahan di sekitar dengan visualisasi Business Model Canvas (BMC). Lebih dari itu, para mahasiswa berlomba-lomba menarik perhatian pengunjung dengan berbagai permainan di stan, tester produk, photobox, hingga penampilan berbalut kostum peri.
Tak kalah menarik, kegiatan yang berlangsung di Amphitheater Pakuwon City Mall ini turut menghadirkan talkshow bertajuk The Ultimate Digital Marketing Bootcamp yang bekerja sama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Technopreneurship Development Center (TDC), Jagoan Hosting, serta Komunitas Young On Top. Melalui talkshow ini, pembicara mengajak mahasiswa untuk mengembangkan potensi produk yang sudah diinovasikan sehingga tidak berhenti sebagai tugas akhir saja.
Dukungan penuh turut diberikan oleh Kepala Laboratorium Entrepreneurship and Small Medium Enterprise Manajemen Bisnis ITS Ni Gusti Made Rai S Psi M Psi Psikolog dalam penyelenggaraan kegiatan ini. Ia berujar, agenda pameran kewirausahaan seperti ini perlu kolaborasi lebih luas untuk memperbanyak relasi. “Peserta telah menjajaki dunia bisnis sejak mahasiswa, tetapi semangat wirausaha harus terus dikembangkan,” pesan dosen MB tersebut. (*)
Reporter: Silvita Pramadani
Redaktur: Fathia Rahmanisa
Kampus ITS, ITS News — Sejak ditemukan pada 1862, plastik telah digunakan secara masif di dunia dan telah melahirkan
Kampus ITS, ITS News — Proses pembuatan batik sebagai warisan tanah air seringkali melibatkan penggunaan zat pewarna sintetis yang
Kampus ITS, ITS News — Terdapat lebih dari 13.000 sumur minyak terbengkalai di Indonesia yang memiliki potensi sebagai sumber energi
Kampus ITS, ITS News — Dalam upaya memperkenalkan pentingnya sertifikasi halal, tim Kuliah Kerja Nyata pengabdian Masyarakat (KKN Abmas)