ITS News

Sabtu, 27 Juli 2024
10 Juli 2024, 19:07

Galakkan Kolaborasi, Manajemen Bisnis ITS Kembali Gelar Creatizen 5.0

Oleh : itssil | | Source : ITS Online
Gambar stan NVC

Salah satu tim dari mata kuliah NVC, Dwipa Scarves saat memamerkan produk hijab bermotif nusantara di stannya

Kampus ITS, ITS News — Departemen Manajemen Bisnis (MB) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali selenggarakan pameran tugas akhir mahasiswa melalui helatan Creatizen 5.0, Sabtu (29/6). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pameran tahun ini turut menggaet berbagai penggiat wirausaha untuk memperluas kesempatan kolaborasi bisnis. 

Dikemas dalam konsep Meet Your business Opportunities in collaboration with TDC (MOMENT), Creatizen 5.0 tak hanya menjadi wadah pameran tugas akhir mahasiswa, tetapi juga talkshow terkait proyek bisnis. “Dengan menggandeng banyak pihak eskternal, diharapkan semangat wirausaha yang disebarkan juga dapat menjangkau khalayak ITS yang lebih luas,” ungkap Ketua Panitia Creatizen 5.0 Mafaza Arsy. 

Mengusung tema Whimsical Wonderland, Creatizen 5.0 hadirkan 43 stan pameran mahasiswa dari mata kuliah Business Consulting Project (BCP) dan New Venture Creation (NVC). Masing-masing stan menampilkan hasil akhir dari proyek yang telah dijalankan selama satu semester. Pada pemeran mata kuliah BCP, mahasiswa menampilkan portofolio konsultasi yang telah dilakukan kepada mitra UMKM dengan solusi implementatif.

Gambar Sekala Consultant

Salah satu tim dalam mata kuliah BCP, Sekala Consultant yang meraih penghargaan tim favorit BCP pada Creatizen 5.0

Adapun pada pameran mata kuliah NVC, mahasiswa menampilkan ide inovasi bisnis yang merupakan hasil analisis permasalahan di sekitar dengan visualisasi Business Model Canvas (BMC). Lebih dari itu, para mahasiswa berlomba-lomba menarik perhatian pengunjung dengan berbagai permainan di stan, tester produk, photobox, hingga penampilan berbalut kostum peri. 

Tak kalah menarik, kegiatan yang berlangsung di Amphitheater Pakuwon City Mall ini  turut menghadirkan talkshow bertajuk The Ultimate Digital Marketing Bootcamp yang bekerja sama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Technopreneurship Development Center (TDC), Jagoan Hosting, serta Komunitas Young On Top. Melalui talkshow ini, pembicara mengajak mahasiswa untuk mengembangkan potensi produk yang sudah diinovasikan sehingga tidak berhenti sebagai tugas akhir saja.

Talkshow Creatizen yang dihadiri oleh Founder Jagoan Hosting Danton Prabawanto

Founder Jagoan Hosting Danton Prabawanto saat berinteraksi dengan para peserta Creatizen 5.0 dalam rangkaian talkshow

Dukungan penuh turut diberikan oleh Kepala Laboratorium Entrepreneurship and Small Medium Enterprise Manajemen Bisnis ITS Ni Gusti Made Rai S Psi M Psi Psikolog dalam penyelenggaraan kegiatan ini. Ia berujar, agenda pameran kewirausahaan seperti ini perlu kolaborasi lebih luas untuk memperbanyak relasi. “Peserta telah menjajaki dunia bisnis sejak mahasiswa, tetapi semangat wirausaha harus terus dikembangkan,” pesan dosen MB tersebut. (*) 

 

Reporter: Silvita Pramadani
Redaktur: Fathia Rahmanisa

Berita Terkait