ITS News

Selasa, 16 Juli 2024
12 Juli 2024, 20:07

ITS Terima 2.997 Mahasiswa Baru Lewat Seleksi Mandiri Gelombang Pertama

Oleh : itsash | | Source : ITS Online
Gambar Rosalita Julian Puspitasari A Md, Manajer Program Promosi dan Layanan Admisi

Rosalita Julian Puspitasari A Md, Manajer Program Promosi dan Layanan Admisi di bawah Subdirektorat Admisi Direktorat Pendidikan ITS

Kampus ITS, ITS News — Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) resmi mengumumkan hasil seleksi Mandiri gelombang pertama untuk tahun akademik 2024/2025 tepat pukul 15.00 WIB, Selasa (9/7) lalu. Dari 15.531 pendaftar seleksi Mandiri ITS gelombang pertama, sebanyak 2.997 calon mahasiswa baru telah dinyatakan lulus tes seleksi Mandiri ITS gelombang pertama.

Rosalita Julian Puspitasari AMd, Manajer Program Promosi dan Layanan Admisi menyatakan bahwa pada tahun ini jumlah pendaftar seleksi Mandiri ITS mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. “Hal ini didukung dengan adanya faktor jumlah program studi (prodi) yang bertambah serta para calon mahasiswa yang juga diberi kesempatan untuk memilih empat prodi sekaligus,” tutur tenaga kependidikan (tendik) ITS ini. 

Rosa, sapaan akrabnya, menyebutkan bahwa seleksi Mandiri di ITS terdiri dari beberapa jalur. Di antaranya adalah Seleksi Mandiri Beasiswa, Mandiri Umum, dan Mandiri Kemitraan. Selain itu, ITS juga memberikan program International Undergraduate Program (IUP) yang dibuka hingga gelombang IV. “Sedangkan seleksi Mandiri Umum dan Kemitraan memiliki satu gelombang lagi yang saat ini sedang menunggu tahap pengumuman dalam waktu dekat, yakni 19 Juli mendatang,” ungkapnya.  

Mengenai proses pelaksanaannya, ITS sendiri telah melakukan beberapa penyesuaian dalam merancang soal tes seleksi. Hal ini dilakukan untuk memastikan calon mahasiswa memiliki kompetensi yang sesuai dengan prodi yang dipilih. “Tahapan tes seleksi dilakukan dengan memberikan jenis soal yang berbeda kepada para peserta sesuai dengan prodi yang mereka pilih,” tambah Rosa.  

Gambar program studi ITS dengan peminat terbanyak pada jalur seleksi mandiri ITS

Infografis program studi ITS dengan peminat terbanyak pada jalur seleksi Mandiri ITS gelombang pertama

Tak hanya itu, tes seleksi tahun ini juga diselenggarakan secara luring di berbagai kota di Indonesia, termasuk Padang, Jakarta, Makassar, Solo, Bali, dan Balikpapan untuk menjangkau peserta dari berbagai daerah. Berangkat dari pelaksanaan tes seleksi di beberapa titik, profil pendaftar yang diterima melalui seleksi mandiri tahun ini memiliki persebaran yang cukup luas terutama di wilayah Provinsi Jawa Timur dan Sumatra. 

Membahas calon mahasiswa baru ITS, lanjut Rosa, peserta yang dinyatakan lulus harus melakukan tahapan daftar ulang yang akan berakhir pada Selasa (16/7) mendatang. Calon mahasiswa dapat hadir ke ITS untuk melakukan verifikasi berkas dan melakukan pembayaran untuk dapat mengikuti kegiatan penerimaan mahasiswa baru. “ITS juga menyediakan chat center untuk memberikan bantuan selama proses daftar ulang,” ujarnya.

Rosa menekankan, seleksi mandiri memiliki peran penting dalam penerimaan mahasiswa baru di ITS. Seleksi mandiri menjadi alternatif penting bagi calon mahasiswa yang tidak lulus jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). “Calon mahasiswa perlu lebih perhatian terhadap seleksi jalur mandiri ini karena jalur mandiri memberikan posisi paling banyak dalam penerimaan di ITS,” jelasnya.

Subdirektorat Admisi ITS berharap untuk terus dapat mendukung proses seleksi di tahun-tahun mendatang dengan meningkatkan kualitas dan jumlah pendaftar. Selain aktif di media sosial, ITS juga akan gencar mengikuti beberapa kegiatan luring di daerah yang masih belum terjangkau. “Dengan komitmen ini, ITS berupaya menjaga kualitas pendidikan dan memberikan masa depan yang lebih baik bagi kualitas mahasiswa ITS,” tutup Rosa. (*)


Reporter:
Lathifah Sahda
Redaktur: Ricardo Hokky Wibisono

 

Berita Terkait