ITS News

Selasa, 23 Juli 2024
23 Juli 2024, 19:07

KKN FSAD ITS Edukasi Gizi Seimbang dengan Pembelajaran Interaktif

Oleh : itskaii | | Source : ITS Online
dari kiri Ketua Pelaksana KKN FSAD Beraksi 3.0 Firda Zaidah Ilma menyerahkan piagam kepada Ketua Yayasan Sekolah Rakyat Kejawan Sita Pramesthi.

(dari kiri) Ketua Pelaksana KKN FSAD Beraksi 3.0 Firda Zaidah Ilma menyerahkan piagam kepada Ketua Yayasan Sekolah Rakyat Kejawan Sita Pramesthi.

Kampus ITS, ITS News — Kurangnya edukasi tentang gizi seimbang pada siswa sekolah dasar (SD) menjadi salah satu alasan yang menyebabkan banyak anak Indonesia mengalami gizi buruk. Hal ini mendorong Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) berupa pengajaran visual-interaktif terkait gizi seimbang.

KKN yang bertajuk Beraksi Sosial 3.0 ini bertujuan meningkatkan pemahaman siswa terhadap makanan sehat dan gizi seimbang. Ketua tim Firda Zaidah Ilma berujar, kondisi ekonomi yang sulit juga menjadi faktor utama tingginya angka gizi buruk anak Indonesia. “Dengan begitu, secara tidak langsung kegiatan ini dapat berkontribusi untuk mengurangi angka tersebut,” ujar Firda.

Semangat anak-anak Sekolah Rakyat Kejawan saat menjawab pertanyaan saat pembelajaran

Semangat anak-anak Sekolah Rakyat Kejawan saat menjawab pertanyaan saat pembelajaran

Di bawah bimbingan Kepala Departemen Aktuaria ITS Dr Soehardjoepri MSi, KKN ini dilaksanakan sebanyak enam kali pertemuan selama tiga pekan, setiap hari Sabtu dan Minggu. Menariknya,  setiap pertemuan yang berlangsung dari Juli hingga November mendatang ini memiliki topik pembelajaran yang berbeda-beda, mulai dari vitamin, karbohidrat, protein dan lemak, mineral, hingga games dan senam. 

Pada pertemuan pertama, siswa diberikan materi terkait vitamin melalui media interaktif, yaitu buah apel. Apel tersebut menjadi sarana untuk menjelaskan vitamin yang terkandung di dalamnya dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang vitamin. Tak hanya itu, siswa juga diajak belajar dengan permainan tebak gambar yang menyenangkan.

Ekspresi bahagia anak Sekolah Rakyat Kejawan ketika berhasil menyusun puzzle

Ekspresi bahagia anak Sekolah Rakyat Kejawan ketika berhasil menyusun puzzle

Berbeda dengan hari pertama, pembelajaran di hari kedua menggunakan konsep focus group discussion (FGD) dimana pembentukan grup didasarkan pada jenjang kelas setiap siswa. Dalam grup tersebut siswa diajak untuk berdiskusi dan bermain puzzle terkait macam – macam karbohidrat yang dipaparkan oleh pemateri. Siswa yang dapat menjawab pertanyaan dari pembimbing akan diberikan hadiah apresiasi.

Kegiatan KKN yang terlaksana di Sekolah Rakyat Kejawan ini pun mendapat respon positif dari Ketua Yayasan Sita Pramesthi. Sita mengungkapkan rasa terima kasihnya karena turut membantu mengedukasi siswa terkait gizi seimbang. “Dengan adanya kegiatan ini sangat membantu untuk mengedukasi siswa yang kurang mampu,” pungkas alumnus Departemen Matematika ITS tersebut. (*)

 

Reporter: Khaila Bening Amanda Putri
Redaktur: Fathia Rahmanisa

Berita Terkait