ITS News

Kamis, 25 Juli 2024
25 Juli 2024, 17:07

Buka Kesempatan Magang, ITS dan PT Telkominfra Teken Kerja Sama

Oleh : itsrea | | Source : ITS Online
penandatanganan perjanjian kerja sama magang ITS dengan Telkominfra

Segenap jajaran petinggi ITS dan PT Telkominfra beserta mahasiswa dalam agenda penandatanganan perjanjian kerja sama magang

Kampus ITS, ITS News – Sumber daya manusia (SDM) yang diperlukan dalam bidang Submarine Cable Services di Indonesia terbilang belum cukup memadai. Untuk itu,Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menandatangani perjanjian kerja sama magang dengan PT Telekomunikasi Infrastruktur Indonesia (PT Telkominfra) agar mahasiswa dapat mendalami bidang Submarine Cable Services, Rabu (24/7). 

Direktur Utama PT Telkominfra Nanang Hendarno ST MSc menerangkan bahwa PT Telkominfra berdiri di bawah naungan Telkom Group yang memiliki fokus di bidang infrastruktur. Berdiri sejak 2014 silam, PT Telkominfra menyediakan berbagai jasa layanan telekomunikasi, salah satunya Submarine Cable Services (Layanan Kabel Bawah Laut, red). “Saat ini kami memiliki 43 persen jaringan kabel laut di Indonesia,” tambahnya.

ITS dan Telkominfra saat tanda tangan PKS

(dari kiri) Direktur Keuangan, SDM, dan Manajemen Resiko PT Telkominfra Sandhra Utsman, Direktur Utama PT Telkominfra Nanang Hendarno, Wakil Rektor I ITS Prof Nurul Widiastuti SSi MSi PhD, dan Kepala Subdirektorat Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Muchammad Nurif SE MT saat menandatangani Perjanjian Kerja Sama

Lebih lanjut, Nanang menjelaskan bahwa kebutuhan SDM di bidang Submarine Cable Services sangatlah diperlukan. Oleh sebab itu, melalui perjanjian kerja sama ini PT Telkominfra bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa ITS untuk menambah pengalaman di bidang tersebut. “Kerja sama ini turut menjadi langkah kami dalam mengimplementasikan Environmental, Social, and Governance di dunia pendidikan,” paparnya.

Alumnus Departemen Teknik Elektro ITS ini memaparkan bahwa program magang ini dikhususkan mahasiswa Departemen Teknik Geomatika, Teknik Sistem dan Industri, Teknik Elektro, dan Teknik Perkapalan. Dibuka pada Agustus mendatang, Nanang menyampaikan, para mahasiswa nantinya akan menempati posisi office crew maupun on board crew.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof Nurul Widiastuti SSi MSi PhD saat memberikan sambutan pada acara Perjanjian Kerja Sama dengan PT Telkominfra

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof Nurul Widiastuti SSi MSi PhD saat memberikan sambutan pada acara Perjanjian Kerja Sama dengan PT Telkominfra

Selaras dengan Nanang, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Nurul Widiastuti SSi MSi PhD dengan tangan terbuka menyambut kerja sama ini. Nurul menuturkan bahwa melalui program magang tersebut, mahasiswa dapat melihat langsung penerapan ilmu yang telah dipelajari pada perkuliahan. “Tentu, mereka juga akan mendapat beragam ilmu baru yang lebih relevan dengan dunia pekerjaan,” ungkapnya.

Profesor Departemen Kimia ini pun menjelaskan bahwa perjanjian ini dapat menjadi wadah ITS dalam melahirkan lulusan yang memiliki kompetensi dan keterampilan unggul. Di akhir sambutannya, Nurul berharap agar kerja sama ITS dengan PT Telkominfra akan terus berlanjut. “Melalui kesempatan ini kami harap dapat berkontribusi melahirkan SDM terampil, utamanya di bidang Submarine Cable Services,” tutup Nurul penuh harap. (*)

 

 

Reporter: Andra Eka Wijayanti
Redaktur: Regy Zaid Zakaria

Berita Terkait