ITS News

Jumat, 26 Juli 2024
26 Juli 2024, 09:07

Kukuhkan Duta ITS 2024, Wajah Baru Kampus Pahlawan

Oleh : itsbar | | Source : ITS Online
Foto Bersama Duta Kampus ITS 2024

Tangguh Pratama Putra dari Departemen Arsitektur dan Annisa Nurul Fatria dari Departemen Statistika Bisnis dinobatkan sebagai Duta Kampus ITS 2024.

Kampus ITS, ITS News — Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meresmikan wajah baru citra kampus lewat gelaran Grand Final Duta Kampus ITS 2024, Kamis (25/7). Secara resmi, Tangguh Pratama Putra dari Departemen Arsitektur dan Annisa Nurul Fatria dari Departemen Statistika Bisnis dinobatkan sebagai Duta Kampus ITS 2024.

Kepala Subunit Promosi dan Citra Institusi Nisfu Asrul Sani Skom MSc menerangkan, ajang Duta Kampus ITS 2024 merupakan kesempatan ITS mencari mahasiswa bertalenta. Nantinya, duta kampus akan menjadi pionir yang berperan aktif mengenalkan ITS di kancah nasional dan internasional. 

Membahas peran duta kampus lebih dalam, Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD mengungkapkan, Duta Kampus bertanggung jawab mengemban nama baik dan mengenalkan program dan prestasi yang dimiliki oleh ITS. “Mereka adalah sosok cerdas, berpengetahuan luas, dan berjiwa kepemimpinan,” terangnya.

Foto Rektor ITS pada Grand Final Duta Kampus ITS 2024

Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD mengungkapkan sukacitanya pada Grand Final Duta Kampus ITS 2024

Sebagai representasi dari ITS, para Duta Kampus harus memiliki wawasan dan keterampilan yang mumpuni. Oleh karena itu, guna memaksimalkan potensi dan talenta tersebut, ITS membekali para mahasiswa terbaik ini dengan berbagai kegiatan pengembangan diri. “Mengenai Sustainable Development Goals (SDGs), keterbukaan informasi publik (KIP), dan internasionalisasi,” tambah Bambang.

Pada ajang Duta Kampus tahun ini ITS telah menyeleksi dan menetapkan 16 finalis duta kampus. Ia menuturkan, dari beberapa mahasiswa bertalenta tersebut akan ditetapkan lima pasang duta kampus terpilih dengan kategori yang berbeda. “Antara lain Duta Kampus Internasionalisasi, SDGs, KIP, Inovasi, dan Duta Kampus ITS 2024,” jelas Dosen dari Departemen Teknik Mesin tersebut.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, ajang ini menghadirkan dua kategori baru, yaitu Duta Internasionalisasi dan Duta Inovasi. Bambang menegaskan, internasionalisasi dan inovasi menjadi dua program yang tengah digencarkan oleh ITS. Oleh karena itu, lahirnya keterbaruan ini menjadi langkah bagi ITS agar mampu memberi kebermanfaatan kepada masyarakat dengan lebih luas lagi.

Foto parade Finalis Duta Kampus ITS 2024 pada Grand Final Duta Kampus ITS 2024

Parade Finalis Duta Kampus ITS 2024 pada Grand Final Duta Kampus ITS 2024

Untuk menentukan perwakilan terbaik kampus, ITS menghadirkan tiga juri terbaik dari bidang internasionalisasi, SDGs, dan KIP. Antara lain Rulli Pratiwi Setiawan PhD dari ITS Global Engagement (GE), Sekretaris ITS Dr Ir Umi Laili Yuhana SKom MSc, dan Kepala Pusat Kajian SDGs ITS Dr Dra Melania Suweni Muntini MT.

Pada sesi tanya-jawab, ketiga juri tersebut melemparkan berbagai pertanyaan seputar internasionalisasi, SDGs, peranan ITS dalam KIP, inovasi ITS, dan lainnya. Lewat kesempatan tersebut, para juri menilai kemampuan finalis duta kampus dalam berpikir kritis dan merealisasikan peranan sebagai representasi dari ITS.

Hingga puncak Grand Final Duta Kampus ITS 2024 kemarin sore, Rektor ITS mengungkapkan harapan atas terpilihnya para perwakilan citra kampus terbaik ini. “Jadilah duta kampus yang inspiratif, inovatif, dan kreatif untuk membawa ITS menjadi yang lebih baik,” pesan Bambang optimistis. (*)

Reporter: Hibar Buana Puspa
Redaktur: Gandhi Kesuma

Berita Terkait