ITS News

Minggu, 28 Juli 2024
28 Juli 2024, 18:07

Indonesia Tak Terdampak Gelombang Panas ASEAN, Laut Jadi Kuncinya?

Oleh : itsmif | | Source : ITS Online
Laut dan ekosistem di dalamnya sebagai penyangga peningkatan suhu bumi (sumber: freepik.com)

Laut dan ekosistem di dalamnya sebagai penyangga peningkatan suhu bumi (sumber: freepik.com)

Kampus ITS, ITS News — Beberapa waktu terakhir, gelombang panas melanda sejumlah negara di Asia Tenggara. Namun, dilansir dari laman bmkg.go.id Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyebutkan bahwa Indonesia tidak terdampak gelombang panas akibat kondisi lautnya yang hangat dan dapat menjadi ‘buffer’ atau penyangga dari kenaikan temperatur. Benarkah demikian?

Menurut dosen Departemen Biologi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Farid Kamal Muzaki SSi MSi, laut memang memiliki kemampuan untuk mengatur suhu bumi. Jelasnya, laut sebagai komponen biosfer dapat memindahkan suhu panas yang terdapat di ekuator menuju kutub bumi. “Laut memiliki sifat lebih lambat dingin atau panas daripada daratan, sifat ini yang turut mempengaruhi suhu di darat ,” ungkapnya lebih lanjut. 

Tak hanya itu, Kamal, sapaan akrabnya, menyebutkan bahwa Indonesia yang 65 persen wilayahnya berupa lautan, sedikit banyak dapat terhindar dari fenomena suhu panas yang berkepanjangan ini. Meskipun demikian, Kamal menjelaskan bahwa potensi ini tidak hanya menjadi satu-satunya faktor agar Indonesia tidak terdampak oleh fenomena ini.

Kondisi geografis Indonesia yang terletak di lintang rendah juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan tidak terdampaknya gelombang panas ASEAN. Kamal melanjutkan, beberapa negara yang mengalami fenomena ini adalah negara-negara bagian ASEAN yang berada di sekitar garis sepuluh derajat Lintang Utara. “Selain itu, minimnya pertumbuhan awan yang akan menghalangi sinar matahari juga menjadi salah satu penyebabnya,” jelasnya.

Dosen Departemen Biologi ITS, Farid Kamal Muzaki SSi MSi membahas mengenai potensi laut untuk menjadi penyangga kenaikan suhu bumi

Dosen Departemen Biologi ITS, Farid Kamal Muzaki SSi MSi yang membahas mengenai potensi laut untuk menjadi penyangga kenaikan suhu bumi

Menyikapi hal tersebut, dosen yang memiliki fokusan dalam bidang  ilmu ekologi laut dan pesisir ini menjelaskan bahwa penyebab utama fenomena ini, pada dasarnya adalah adanya pemanasan global dan kerusakan iklim. Tak hanya itu, salah satu dampak dari kerusakan iklim yaitu pengasaman air laut turut menjadi sorotan dalam bahasan ini.

Pasalnya, pengasaman air laut yang disebabkan oleh adanya penyerapan senyawa karbondioksida oleh laut tersebut dapat menurunkan pH lautan. Dalam hal ini, pengasaman air laut dapat berdampak pada kerusakan terumbu karang, perubahan fisiologis makhluk hidup di lautan, serta dapat mengancam ekosistem laut. 

Oleh karena itu, di akhir, Kamal menegaskan bahwa solusi untuk dapat mencegah adanya fenomena ini adalah dengan cara mengurangi penggunaan bahan yang menimbulkan banyak emisi, menghindari pembukaan lahan, serta menggalakkan penanaman pohon yang dapat menyerap karbon tinggi. “Bagaimanapun, keseimbangan ekosistem dan kondisi kesehatan laut adalah pondasi utama dalam menghadapi kerusakan iklim,” pungkasnya. (*)

 

Reporter: Mifda Khoirotul Azma
Redaktur: Rayinda Santriana U S

 

Berita Terkait