ITS News

Selasa, 30 Juli 2024
30 Juli 2024, 12:07

PSB ITS Dorong Mahasiswa Baru untuk Aktif Bereksplorasi

Oleh : itsreg | | Source : ITS Online
Gambar Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MScEng PhD saat menyampaikan sambutannya di hari pertama pelaksanaan PSB ITS 2024 di Graha Sepuluh Nopember ITS

Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MScEng PhD saat menyampaikan sambutannya di hari pertama pelaksanaan PSB ITS 2024 di Graha Sepuluh Nopember ITS

Kampus ITS, ITS News  Rangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2024 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah resmi dimulai. Rangkaian agenda yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru (maba) ITS 2024 tersebut dimulai dengan kegiatan Pelatihan Spiritual dan Kebangsaan (PSB) yang akan berlangsung tujuh hari ke depan, mulai Senin (29/7).

Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MScEng PhD menyampaikan bahwa PSB ini merupakan sebuah momen yang sangat berharga bagi para maba ITS. Agenda ini merupakan hari pertama bagi para maba ITS 2024 secara resmi menjalani kegiatan menuntut ilmu di kampus pahlawan ini selama beberapa tahun ke depan.

Gambar Para mahasiswa baru peserta PSB ITS 2024 saat melantangkan vivat ITS di Graha Sepuluh Nopember ITS

Para mahasiswa baru peserta PSB ITS 2024 saat melantangkan vivat ITS di Graha Sepuluh Nopember ITS

Bambang juga mengingatkan bahwa di balik terpilihnya para maba ITS 2024 ini, terdapat banyak pendaftar yang gagal menggapai impiannya berkuliah di ITS. Setidaknya lebih dari 10 orang pendaftar yang memperebutkan satu kursi di ITS. “Oleh karena itu, kalian yang merupakan orang-orang terpilih di sini harus memanfaatkan kesempatan yang luar biasa ini sebaik-baiknya,” tegasnya mengingatkan.

Ia menekankan, banyak sekali hal yang dapat dicoba selama masa perkuliahan di samping perihal akademik. Menurutnya, mahasiswa juga harus aktif mencari berbagai pengalaman di luar pembelajaran di kelas seperti berorganisasi, mengikuti lomba, aktif di unit kegiatan mahasiswa (UKM), atau yang lainnya. “Di sana anda dapat meningkatkan softskill, salah satunya kemampuan dalam berkomunikasi,” ucapnya.

Gambar Para mahasiswa baru terlihat menyimak mengikuti pelaksanaan PSB ITS 2024 di Graha Sepuluh Nopember ITS

Para mahasiswa baru terlihat menyimak mengikuti pelaksanaan PSB ITS 2024 di Graha Sepuluh Nopember ITS

Lebih lanjut, Bambang mengungkapkan bahwa ITS berkomitmen memberikan mahasiswanya kesempatan untuk berkembang seluas-luasnya, baik di bidang akademik maupun non-akademik. “Tujuannya agar para lulusan ITS nanti tidak hanya unggul dalam bidang akademik, tapi juga non-akademik,” tambah dosen Departemen Teknik Mesin tersebut.

Sementara itu, Ketua Pelaksana PSB ITS 2024 Imam Safawi Ahmad SSi MSi menyebutkan bahwa agenda ini diikuti oleh 6.361 maba ITS 2024. Adapun materi yang disampaikan adalah Kebangsaan dan Nasionalisme, Psikologi, Karakter Budi Pekerti ITS, Spiritual, serta Cerdas Emosional dan Intelektual. Nantinya, pelaksanaan PSB ITS sendiri akan dilaksanakan di beberapa tempat di lingkungan kampus ITS, yaitu Graha Sepuluh Nopember, Gedung Pusat Robotika, Masjid Manarul Ilmi, Gedung Pascasarjana, Menara Sains (Tower 1), dan Teater A.

Gambar Para pimpinan ITS bersama para mahasiswa baru ITS 2024 saat melantangkan vivat ITS bersama-sama di sela kegiatan Pelatihan Spiritual dan Kebangsaan (PSB) 2024

Para pimpinan ITS bersama para mahasiswa baru ITS 2024 saat melantangkan vivat ITS bersama-sama di sela kegiatan Pelatihan Spiritual dan Kebangsaan (PSB) 2024

Dosen yang akrab disapa Isa tersebut menerangkan bahwa materi-materi yang disampaikan akan sangat penting bagi mahasiswa nantinya. Tujuannya agar para mahasiswa mampu memiliki kesadaran sebagai anak bangsa yang berjiwa nasionalis dan mampu meneladani sikap para pejuang 10 November. “Agar para mahasiswa siap memberikan kontribusi sesuai dengan bidangnya masing-masing,” tandasnya optimistis. (HUMAS ITS)

 

Reporter: Muhammad Fadhil Alfaruqi

Berita Terkait