ITS News

Minggu, 01 September 2024
02 Agustus 2024, 18:08

Barunastra ITS Kembali Unjuk Diri di Ajang INAMARINE 2024

Oleh : itsgan | | Source : ITS Online
Tim Barunastra ITS turut berpartisipasi di ajang INAMARINE 2024 di JIExpo Kemayoran, Kota Jakarta

Tim Barunastra ITS turut berpartisipasi di ajang INAMARINE 2024 di JIExpo Kemayoran, Kota Jakarta

Kampus ITS, ITS News — Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) konsisten memperkuat kolaborasi di sektor maritim. Terbaru, tim riset kapal autonomous Barunastra ITS kembali mengikuti pameran INAMARINE ke-12 yang diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Kota Jakarta, selama tiga hari, hingga Kamis (1/8).

General Manager Barunastra ITS 2024 I Made Vibra Dananjaya mengungkapkan, perhelatan INAMARINE ke-12 menjadi ajang yang potensial untuk memperkuat kolaborasi dengan industri maritim. Pasalnya, Barunastra kembali tampil untuk ketiga kalinya dalam pameran bidang perkapalan ternama di Asia itu. “Barunastra menjadi tim riset satu-satunya di kalangan mahasiswa untuk memamerkan karya inovasi kami,” ungkap mahasiswa yang akrab disapa Vibra itu.

Menjadi tim dengan segudang inovasi, Vibra menjelaskan bahwa INAMARINE tahun ini juga menjadi ajang unjuk diri karya inovasi mereka berupa kapal autonomous Nala Proteus 0.2. Kapal tersebut telah terinstalasi dengan sistem yang canggih dan teruji dalam menyelesaikan misi ocean clean up. Berkat keunggulan itu, Nala Proteus 0.2 telah menjuarai berbagai ajang bergengsi salah satunya International Roboboat Competition (IRC) Februari lalu.

Kepala Balai Teknologi Keselamatan Pelayaran Eko Sudarmanto M Pd M Mar E (kanan) saat mengunjungi booth Tim Barunastra ITS

Kepala Balai Teknologi Keselamatan Pelayaran Eko Sudarmanto M Pd M Mar E (kanan) saat mengunjungi booth Tim Barunastra ITS

Mahasiswa asal Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS itu menjelaskan, para pengunjung sangat antusias dengan kecanggihan kapal autonomous karya tim Barunastra. Bahkan booth yang bersanding dengan berbagai industri maritim di mancanegara itu turut dihadiri Kepala Balai Teknologi Keselamatan Pelayaran Eko Sudarmanto M Pd M Mar E. “Kami bersyukur atas dukungan dan apresiasi para pengunjung dari berbagai kalangan,” tambah Vibra.

Pria asal kota Bali itu berharap melalui adanya ajang pameran INAMARINE ke-12 ini dapat membuka kesempatan yang besar bagi ITS untuk semakin mempererat koneksi dengan industri maritim. “Ke depan, kami berharap dapat turut serta dalam berbagai proyek industri maritim,” tuturnya. (HUMAS ITS)

 

Reporter: Hani Aqilah Safitri

Berita Terkait