ITS News

Jumat, 16 Agustus 2024
15 Agustus 2024, 16:08

Sambut Kunjungan ITERA, ITS Berbagi Ilmu Penyusunan RENIP

Oleh : itshan | | Source : ITS Online

Foto bersama Senat Akademik ITS dan ITERA beserta segenap jajarannya di ruang sidang Senat Akademik ITS, Kamis (15/8)

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menyambut hangat kunjungan Senat Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Kamis (15/8). Anjangsana yang dihelat di ruang sidang Senat Akademik ITS ini menjadi ajang untuk berbagi informasi perihal Rencana Induk Pengembangan (RENIP) institusi.

Dalam sambutannya, Ketua Senat Akademik ITS Prof Dr Syafsir Akhlus MSc menuturkan, kunjungan ini menjadi sarana memperkokoh tali silaturahmi antara dua perguruan tinggi berbasis institusi teknologi terkemuka di Indonesia. “Momen ini juga menjadi wadah bagi ITS dan ITERA untuk berbagi ilmu mengenai RENIP,” terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Senat ITERA Dr Sunarsih SS MA mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh ITS. Sunarsih menyebut, kunjungan ini merupakan upaya ITERA dalam mempersiapkan RENIP. Sebagai institusi yang sudah bergerak selama 64 tahun, ITS diyakini sebagai perguruan tinggi yang memiliki pengalaman baik dalam proses penyusunan RENIP.

Keyakinan ini juga diperkuat dengan capaian ITS yang terus melejit dalam beberapa tahun terakhir. Misalnya, pembukaan program studi (prodi) baru yang relevan dengan kebutuhan zaman hingga peningkatan hilirisasi berbagai riset dan inovasi sivitas akademika ITS.

Ketua Senat ITERA Dr Sunarsih SS MA (kiri) saat menerima cendera mata dari Ketua Senat Akademik ITS Prof Dr Syafsir Akhlus MSc (kanan)

Dalam sesi pemaparan materi, Kepala Unit Pengelolaan dan Pengendalian Program ⁠Dr Eng Darlis Heru Murti SKom MKom menjelaskan, RENIP merupakan dasar arah pembangunan dan pengembangan jangka panjang. RENIP dibutuhkan guna menentukan arah berlayar sebuah perguruan tinggi. “Salah satu tahapan penting dalam penyusunan RENIP adalah penentuan tujuan utama,” tuturnya.

Lebih lanjut, penentuan tujuan utama merupakan upaya yang dapat membantu meluruskan jati diri sebuah perguruan tinggi. Sebagai gambaran, ITS menjadikan Research & Innovative University pada tahun 2030 dan Entrepreneurial University pada tahun 2045 sebagai tujuan utamanya.

Setelah penentuan tujuan utama, diperlukan juga penentuan indikator keberhasilan, implementasi, dan monitoring guna menjaga upaya pencapaian tujuan utama. Salah satu upayanya adalah dengan mempertimbangkan rencana keuangan, publikasi, pengabdian masyarakat, dan pembangunan infrastruktur.

Kepala Unit Pengelolaan dan Pengendalian Program Dr Eng Darlis Heru Murti SKom MKom saat menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan RENIP

Dosen yang pernah menjadi kepala Departemen Teknik Informatika ITS itu pun menuturkan, penyusunan RENIP perlu mempertimbangkan dua hal penting, yakni megatren dunia dan peranan Indonesia terhadap perekonomian dunia. Dari pertimbangan tersebut, proyeksi RENIP dapat membuahkan hasil-hasil yang relevan dengan perkembangan dunia. (*)

 

Reporter: Ahmad Farhan Alghifari
Redaktur: Fathia Rahmanisa

Berita Terkait