ITS News

Senin, 19 Agustus 2024
19 Agustus 2024, 09:08

UKM Expo 2024 Dukung Maba Asah Potensi di Luar Kelas

Oleh : itsfeb | | Source : ITS Online
Gambar Rektor ITS Membuka UKM Expo 2024

Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MScEng PhD (kanan), Direktur Kemahasiswaaan ITS Dr Imam Abadi ST MT (tengah), serta Ketua Pelaksana UKM Expo 2024 Gusti Ayu Putu Jessica Pradnya Paramitha (kiri) membuka secara resmi UKM Expo 2024

Kampus ITS, ITS News — Memperkenalkan keragaman Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pada mahasiswa baru (maba), Lembaga Minat Bakat (LMB) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)  gelar UKM Expo 2024. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari sejak Minggu (18/8) ini menjadi ajang para maba mengenal sekaligus mendaftar UKM sesuai minat dan bakat mereka.

Membuka kegiatan yang berlangsung di Taman Alumni ITS ini, Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD mengungkapkan bahwa UKM merupakan salah satu sarana maba untuk mengasah softskill selama berkuliah. “Termasuk kemampuan berkomunikasi, menjalin relasi, hingga mengasah minat dan bakat,” jelas rektor yang akrab disapa BP tersebut.

Gambar Rektor ITS ketika menyampaikan sambutan UKM Expo 2024

Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MScEng PhD mengobarkan semangat maba dalam sambutannya pada gelaran UKM Expo 2024

Lebih lanjut, orang nomor satu di ITS ini menuturkan, mahasiswa berkewajiban untuk fokus mengembangkan diri  pada kegiatan perkuliahan di kelas. Namun, untuk mendukung potensi mereka di luar bidang akademik, mahasiswa juga memiliki hak untuk bergabung di UKM. “Dengan demikian, lulusan ITS diharapkan tidak hanya unggul dalam bidang intelektual, tetapi juga memiliki keterampilan di bidang nonakademik,” ujarnya.

Hal selaras pun turut disampaikan Ketua Pelaksana UKM Expo 2024, Gusti Ayu Putu Jessica Pradnya Paramitha. Ia berujar, tema Unleash Your Path yang mewarnai UKM Expo tahun ini sangat khas dengan elemen-elemen kehidupan. “Layaknya elemen dalam kehidupan, keberadaan UKM penting untuk mahasiswa selama berkuliah,” urainya. 

Gambar UKM Musik ITS dalam UKM Expo 2024

UKM Musik ITS saat arak-arakan UKM dalam UKM EXPO 2024

Menurut perempuan yang akrab dengan panggilan Jeje ini, UKM penting diikuti oleh mahasiswa karena menjadi salah satu cara untuk memenuhi kewajiban Satuan Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa (SKEM). “Lebih dari itu, bergabung dalam UKM menjadi langkah pertama maba untuk mengukir prestasi di ITS,” tutur mahasiswi  Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota tersebut.

Jeje melanjutkan, tahun ini terdapat 41 UKM yang menampilkan bentuk kegiatan serta keunikannya masing-masing pada booth yang disediakan. “UKM tersebut terdiri dari 13 bidang olahraga, 13 bidang khusus, tujuh bidang seni, dan delapan bidang bela diri,” jelasnya. 

Gambar maba mengunjungi booth UKM Expo 2024

Mahasiswa baru ITS Elisabeth Anna Andaru Putri (baju hitam bergaris) ketika mengunjungi booth ITS Online

Salah satu maba, Elisabeth Anna Andaru Putri pun merasakan langsung manfaat dari UKM Expo 2024 setelah mengunjungi beberapa booth. Perempuan yang akrab disapa Anna tersebut mengatakan, kegiatan ini bermanfaat untuk memacu dirinya agar selama berkuliah tak hanya dapat berprestasi di dalam kelas, tetapi juga dalam bidang nonakademik. “Beberapa games yang tersedia pada booth juga menambah keseruan kegiatan ini,” seru Anna. (*)

 

Reporter: Mohammad Febryan Khamim
Redaktur: Fathia Rahmanisa

Berita Terkait