ITS News

Selasa, 20 Agustus 2024
20 Agustus 2024, 15:08

ITS Sabet Enam Penghargaan di PKM Award 2024

Oleh : itsgan | | Source : ITS Online
Perwakilan Tim PKM ITS bersama empat piagam penghargaan yang baru saja diperoleh pada ajang PKM Award 2024, Senin (19/8)

Perwakilan Tim PKM ITS bersama empat piagam penghargaan yang baru saja diperoleh pada ajang PKM Award 2024, Senin (19/8)

Kampus ITS, ITS News — Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sekali lagi berhasil menorehkan prestasi gemilang pada ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) award 2024. Dianugerahkan di Jakarta, Senin, (19/8), ITS berhasil membawa pulang enam penghargaan.

Penghargaan tersebut di antaranya adalah peringkat pertama perguruan tinggi (PT) penerima insentif terbanyak pada klaster 1 dengan jumlah 45 kelompok, peringkat kedua PT penerima pendanaan terbanyak dengan 147 kelompok, dan operator PKM 2024 terbaik pada klaster 1.

Dari kategori mahasiswa tim terkreatif pada PKM penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), ITS juga torehkan hasil gemilang melalui tim yang diketuai oleh Istighfaroh Rima Nafiullatif. Implementasi Teknik Biofeed Modified Microbes didukung Internet of Things (IoT) Powered Intelligent Surveillance untuk peningkatan mutu BSF di Istana Maggot Surabaya merupakan ide kreatif yang mengamankan kategori ini di klaster 1.

Empat piagam penghargaan yang berhasil dibawa pulang oleh ITS dalam ajang PKM Award 2024

Empat piagam penghargaan yang berhasil dibawa pulang oleh ITS dalam ajang PKM Award 2024

Selain itu, ITS juga meraih dua penghargaan pada kategori dosen pendamping tim mahasiswa yang meloloskan pendanaan dan insentif terbanyak. Keduanya dipegang oleh Hertiari Idajati ST MSc dan Muhammad. Syifaul Mufid SS MSi DPhil yang sama-sama mendampingi tujuh kelompok pada PKM 2024 ini. Keduanya, berhasil meloloskan total 14 kelompok pada klaster 1.

Anugerah PKM Award 2024 sendiri merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Penilaian Pelaksanaan Kemajuan PKM (PKP2). “Ajang ini merupakan bentuk pembinaan yang diharapkan dapat memotivasi penerimanya dalam membudayakan kepekaan terhadap permasalahan di masyarakat,” tutur Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Prof Dr Ir Sri Suning Kusumawardani ST MT.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS,  Prof. Nurul Widiastuti, M.Si, Ph.D (kanan) saat menerima penghargaan sebagai perguruan tinggi (PT) penerima insentif terbanyak pada klaster 1 dengan jumlah 45 kelompok

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS, Prof. Nurul Widiastuti, M.Si, Ph.D (kanan) saat menerima penghargaan sebagai perguruan tinggi (PT) penerima insentif terbanyak pada klaster 1 dengan jumlah 45 kelompok

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Nurul Widiastuti SSi MSi PhD, mengaku sangat bangga dan bersyukur atas prestasi yang baru saja ditorehkan ITS di ajang PKM Award 2024. Menurutnya, prestasi ini merupakan buah dari perjalanan panjang yang ditempuh para sivitas akademika dalam membuat karya berupa produk inovasi terlibat.

Guru besar ITS bidang ilmu kimia membran dan adsorpsi itu kemudian mengungkapkan, harapan agar penghargaan ini semakin membangkitkan semangat ITS untuk terus berkarya, berinovasi dan bermanfaat bagi masyarakat. “Terlebih semangat ITS mengantarkan mahasiswanya menjadi insan yg produktif, inovatif, tangguh, unggul, cerdas, amanah dan kreatif,” jelasnya. (HUMAS ITS)

Reporter: Ahmad Farhan Alghifari

Berita Terkait