ITS News

Jumat, 23 Agustus 2024
23 Agustus 2024, 15:08

Joint Degree ITS – MNU Korsel Kembali Cetak Lulusan Berkelas Dunia

Oleh : itsgan | | Source : ITS Online
Jajaran pimpinan dan dosen dari ITS dan MNU bersama para wisudawan program joint degree Departemen Teknik Perkapalan ITS beserta keluarganya usai perhelatan wisuda

Jajaran pimpinan dan dosen dari ITS dan MNU bersama para wisudawan program joint degree Departemen Teknik Perkapalan ITS beserta keluarganya usai perhelatan wisuda

Kampus ITS, ITS News — Melalui program joint degree bersama Mokpo National University (MNU), Departemen Teknik Perkapalan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali cetak 25 mahasiswa unggul program S1 dalam perhelatan wisuda yang dilaksanakan di Mokpo, Korea Selatan, Kamis (22/8). Gelaran ini juga meluluskan tiga mahasiswa program beasiswa S2 yang pernah mengikuti program joint degree Departemen Teknik Perkapalan ITS pada batch pertama.

Program joint degree yang telah ada sejak tahun 2018 tersebut terus mencetak para lulusan yang berkualitas dan berwawasan global. Kepala Departemen Teknik Perkapalan ITS Ir Wasis Dwi Aryawan MSc PhD mengungkapkan bahwa dalam wisuda batch III ini Departemen Teknik Perkapalan ITS juga sukses hantarkan kembali dua orang lulusannya ke anak industri galangan kapal terbesar nomor satu dunia, HD Hyundai MIPO (HMD) di Korea Selatan.

Mahasiswa yang berhasil menembus industri perkapalan terkemuka dunia tersebut adalah Karina Mutyahara dan William Alexander Garcia. Keberhasilan keduanya bukanlah hasil yang didapat secara instan, melainkan buah dari proses panjang yang ikut didukung oleh keilmuan dan kurikulum unggul yang ditawarkan melalui kerja sama antara ITS dan MNU. Prestasi ini membuktikan bahwa kolaborasi akademik lintas negara dapat menghasilkan lulusan yang diakui oleh industri terkemuka di dunia.

Tak hanya itu, Wasis juga mengungkapkan bahwa pada wisuda tahun ini terdapat satu mahasiswa joint degree ITS yang mendapat penghargaan Academic Excellence di MNU untuk kali pertama. Mahasiswa bernama Jonathan Riccardo ini juga mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan S2 di Mokpo Maritime University (MMU). “Pada wisuda sebelumnya, baik di batch I maupun batch II, belum ada mahasiswa yang mendapatkan anugerah itu,” ujarnya bangga.

Presiden Mokpo National University (MNU) Ha-Cheol Song (kanan) saat memberikan penghargaan Academic Excellence kepada Jonathan Riccardo dalam upacara wisuda

Presiden Mokpo National University (MNU) Ha-Cheol Song (kanan) saat memberikan penghargaan Academic Excellence kepada Jonathan Riccardo dalam upacara wisuda

Sementara itu, ketiga wisudawan S2 dari program beasiswa kali ini adalah Adrian Rahmanto Putra, Trinita Laras Puspita Dewandari, dan Mutiara Setyaning Dwityas. Keberhasilan ketiganya menambah daftar panjang pencapaian program joint degree Teknik Perkapalan ITS dalam melahirkan lulusan berprestasi yang mampu bersaing di kancah internasional.

Segudang prestasi yang telah ditorehkan oleh mahasiswa program joint degree Departemen Teknik Perkapalan ITS selama ini tidak hanya membanggakan secara pribadi, tetapi juga menjadi cerminan kesuksesan program yang telah dijalankan. Pencapaian ini juga turut memperlihatkan kualitas pendidikan yang diberikan oleh program joint degree Teknik Perkapalan ITS yang selalu berhasil mencetak wisudawan berbakat.

Saat ini, Korea Selatan merupakan negara dengan kapasitas produksi kapal terbesar di dunia. Delapan di antaranya merupakan bagian dari 10 galangan kapal terbesar di dunia. “Jika industri di negara tersebut maju, maka universitas yang menyediakan sumber daya manusianya juga demikian,” tandas Wasis.

Kota Mokpo merupakan salah satu pusat penting dalam industri perkapalan di Korea Selatan, menjadikan MNU sebagai universitas yang tepat untuk kerja sama di bidang pendidikan maritim ini. Rancangan relokasi galangan kapal dari Korea Selatan ke negara berkembang menjadi peluang bagi MNU untuk memperkuat hubungan kedua universitas ini. “Kedua pihak memiliki tujuan yang sama yakni untuk memajukan industri perkapalan dunia,” tambah lelaki asal Bojonegoro itu.

Para pimpinan ITS bersama 25 wisudawan program joint degree Departemen Teknik Perkapalan ITS yang lulus pada batch III di Mokpo National University, Korea Selatan

Para pimpinan ITS bersama 25 wisudawan program joint degree Departemen Teknik Perkapalan ITS yang lulus pada batch III di Mokpo National University, Korea Selatan

Wisuda yang dihelat di MNU Korea Selatan ini turut dihadiri secara langsung oleh beberapa pimpinan tinggi ITS. Antara lain adalah Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD, Wakil Rektor I ITS Prof Nurul Widiastuti SSi MSi PhD, Wakil Dekan Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) ITS Dr Eng Rudi Walujo Prastianto ST MT, dan beberapa dosen Departemen Teknik Perkapalan ITS lainnya.

Dalam perhelatan ini, Bambang berharap agar para wisudawan ITS program joint degree ini dapat segera menerapkan keilmuannya pada karier yang diambil ke depannya, baik pada pendidikan maupun pekerjaan. “Harapannya, mereka dapat mengaplikasikan bekal khusus yang telah didapatkan melalui pendidikannya di dua kampus yang berbeda,” ujar Rektor ke-13 ITS ini.

Melihat besarnya dampak lulusan program joint degree terhadap mahasiswanya, Bambang juga berharap agar semakin banyak program serupa di ITS. “Program ini memberikan kesempatan mahasiswa kita untuk memperkaya diri dengan pengalaman mengenyam pendidikan di dua negara yang berbeda,” tutupnya. (HUMAS ITS)

 

Reporter: Muhammad Rizky Putra Wahyuana

Berita Terkait