ITS News

Selasa, 27 Agustus 2024
27 Agustus 2024, 14:08

Gelar CommTECH Camp ke-40, ITS Ajak Kembangkan Inovasi Teknik

Oleh : itsdan | | Source : ITS Online

Wakil Rektor III Bidang Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Teknologi, dan Sistem Informasi Imam Baihaqi ST MSc PhD (kiri) saat mengalungkan tanda pengenal peserta CommTECH sebagai peresmian simbolis kegiatan

Kampus ITS, ITS News — Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melalui Direktorat Kemitraan Global (DKG) kembali menggelar program unggulan internasionalnya, Community and Technological (CommTECH) Camp Highlight 2024 Stream 2, Senin (27/8). Program yang memasuki edisi ke-40 ini mengusung tema Innovation in Engineering dengan menawarkan eksplorasi ke dalam inovasi ITS.

Kegiatan CommTECH secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor III Bidang Sumber Daya Manusia, Organisasi, Teknologi, dan Sistem Informasi ITS Imam Baihaqi ST MSc PhD dengan prosesi pengalungan tanda pengenal kepada 21 peserta yang berasal dari berbagai negara. Dengan dibukanya kegiatan ini, peserta akan diajak untuk mendalami dan menerapkan langsung teknologi tersebut dalam proyek nyata.

Salah satu aspek yang membuat CommTECH tahun ini semakin istimewa adalah keikutsertaan dosen dari berbagai negara, termasuk Jepang, Rusia, Malaysia, Filipina, Thailand, Kamboja, Vietnam, dan India. Partisipasi para akademisi ini membuka peluang besar bagi kolaborasi internasional dan pertukaran ide lintas disiplin. “Keragaman latar belakang pendidikan dan profesional peserta ini memungkinkan terjadinya pertukaran ide yang lebih dinamis serta pembentukan jejaring sosial yang kuat,” ujar Imam.

Wakil Rektor III Bidang Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Teknologi, dan Sistem Informasi Imam Baihaqi ST MSc PhD (Kanan) saat mengalungkan tanda pengenal peserta CommTECH sebagai peresmian simbolis kegiatan

Dekan Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD) ITS tersebut mengungkapkan, selama 12 hari ke depan, CommTECH akan menjadi wadah bagi peserta untuk menggali lebih dalam pengetahuan tentang teknologi maritim terkini. Melalui berbagai lokakarya, seminar, dan aktivitas yang interaktif, peserta akan diajak langsung untuk mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh, sekaligus mengenal tren terbaru di industri maritim yang sedang berkembang pesat.

Tak hanya fokus pada inovasi teknik, program ini juga dirancang untuk mengembangkan potensi kepemimpinan peserta secara holistik. Melalui pendekatan berbasis proyek, para peserta diharapkan dapat bekerja sama dalam tim lintas disiplin untuk merumuskan solusi inovatif yang mampu menjawab berbagai tantangan global yang relevan dan semakin kompleks dan saling terhubung.

Para peserta CommTECH Highlight 2024 dari berbagai negara Jepang, Rusia, Malaysia, Filipina, Thailand, Kamboja, Vietnam, dan Indiadan

Salah satu tantangan utama yang menjadi fokus adalah pengembangan kendaraan otonom yang efisien dan berkelanjutan untuk masa depan, yang membutuhkan kolaborasi erat dan pemikiran kreatif dari seluruh peserta. “Dengan program berbasis proyek ini, diharapkan para peserta dapat saling belajar dan mengembangkan ide-idenya untuk menyelesaikan masalah bersama,” tambah Imam.

Kegembiraan atas pelaksanaan CommTECH Camp Highlight 2024 juga dirasakan oleh para peserta. Kim, salah satu peserta dari Filipina, mengungkapkan antusiasmenya terhadap program ini. Ia berharap pengalaman yang diperolehnya di ITS akan membuka peluang kolaborasi internasional dan dapat diterapkan di kampung halamannya. “Saya berharap dapat membawa pulang pengetahuan baru yang berharga ini dan menerapkannya di Filipina,” ujar Kim dengan penuh semangat.

Dengan berbagai aktivitas yang berfokus pada inovasi dan kolaborasi internasional, CommTECH Camp Highlight 2024 diharapkan tidak hanya menjadi ajang pembelajaran, tetapi juga menjadi titik awal terbentuknya jaringan kerja sama global yang lebih kuat, yang pada akhirnya akan mendukung perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan di seluruh dunia. (*)

 

Reporter: Syahidan Nur Habibie Ash-Shidieq
Redaktur: Fauzan Fakhrizal Azmi

Berita Terkait