ITS News

Kamis, 29 Agustus 2024
29 Agustus 2024, 08:08

KKN-PM ITS Tingkatkan Layanan Digital di Desa Pangkahkulon

Oleh : itstyr | | Source : ITS Online

Tim KKN-PM dari UKM Pecinta Lingkungan Hidup (PLH) SIKLUS ITS  bersama perangkat dan warga Desa Pangkahkulon Kabupaten Gresik

Kampus ITS, ITS News — Pemanfaatan situs web desa di Desa Pangkahkulon, Kabupaten Gresik belum maksimal. Menanggapi hal ini, mahasiswa yang tergabung dalam UKM Pecinta Lingkungan Hidup (PLH) SIKLUS Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melaksanakan KKN Pengabdian Masyarakat untuk memaksimalkan layanan digital di desa tersebut.

Ketua tim KKN-PM ITS Toga Gilbert Pangaribuan menjelaskan bahwa timnya berupaya untuk membantu percepatan penerapan peningkatan versi terbaru pada sistem layanan administratif desa. Peningkatan ini mencakup digitalisasi proses pengajuan berbagai surat seperti surat domisili pribadi atau usaha, surat keterangan tidak mampu, surat penghasilan orang tua, surat keterangan usaha, dan surat keterangan belum menikah.

Dengan versi terbaru ini, pengajuan dan pengeditan surat dapat dilakukan langsung melalui situs web tanpa harus mengunduh dan mengunggah berkas secara manual. Dengan begitu, proses administrasi akan menjadi lebih efisien. Selain itu, sistem layanan surat ini telah dilengkapi dengan integrasi QR Code pada tanda tangan kepala desa. “Hasilnya keaslian surat dapat diverifikasi dengan mudah dan cepat,” jelas Mahasiswa Teknik Perkapalan tersebut.

Tim KKN-PM dari UKM Pecinta Lingkungan Hidup (PLH) SIKLUS ITS  melakukan sosialisasi digitalisasi pada sistem layanan administratif Desa Pangkahkulon Kabupaten Gresik

Seiring dengan peningkatan tersebut, Gilbert menekankan pentingnya pelatihan untuk meningkatkan keterampilan digital masyarakat dalam memanfaatkan layanan mandiri. Selama lima hari sejak 7 Agustus, timnya memberikan pelatihan intensif kepada perangkat dan warga tentang penggunaan situs web desa. “Pelatihan mencakup pembuatan akun dan surat di situs web,” imbuhnya.

Pelatihan dari program KKN-PM ITS ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Mereka menunjukkan antusiasme tinggi dalam mengikuti pelatihan dan aktif bertanya serta berdiskusi selama kegiatan berlangsung. Warga juga bersemangat mempraktikkan penggunaan aplikasi layanan desa. Menurut Gilbert, hal ini menandakan adanya peningkatan kesadaran mereka akan pentingnya teknologi digital.

Salah satu anggota Tim KKN-PM dari UKM Pecinta Lingkungan Hidup (PLH) SIKLUS ITS memberikan panduan penggunaan situs web Desa PangkahKulon ke warga desa

Sebagai bagian dari program ini, tim KKN-PM ITS juga memperkenalkan fitur Lapak Desa di situs web. Fitur ini memungkinkan warga untuk mengunggah produk UMKM mereka secara mandiri untuk dipromosikan lebih luas. Hal ini tentunya memberikan peluang bagi UMKM untuk berkembang lebih pesat. 

Di akhir,  mahasiswa tahun ketiga tersebut menegaskan bahwa keberhasilan program ini tidak hanya terletak pada pelatihan, tetapi juga pada monitoring berkelanjutan. Setiap dua minggu sekali, tim KKN bimbingan Ardy Maulidy Navastara ST MT ini akan melakukan monitoring. “Kami berharap desa ini dapat menjadi percontohan bagi desa-desa lain. Semoga inisiatif ini bisa terus berlanjut untuk memajukan masyarakat desa melalui teknologi,” harapnya. (*)


Reporter: Tyara Novia Andhin
Redaktur: Nurul Lathifah

Berita Terkait