ITS News

Jumat, 27 September 2024
13 September 2024, 09:09

Bursa Karir ITS, Jembatan Mahasiswa ITS Menuju Dunia Profesional

Oleh : itsfeb | | Source : ITS Online
Gambar mahasiswa ITS mengunjungi Bursa Karir ITS ke-43

Mahasiswa ITS Denis Tiara Luthfia (kanan) antusias mengunjungi salah satu booth perusahaan pada Bursa Karir ITS ke-43

Kampus ITS, ITS News — Persiapkan mahasiswa meniti karier, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menggelar Bursa Karir ITS (BKI) ke-43. Menghadirkan 35 perusahaan ternama, ITS bermaksud untuk menjembatani mahasiswa menuju dunia profesional lewat kegiatan yang dilaksanakan dua hari sejak Rabu (11/9) di Graha Sepuluh Nopember ITS.

Ketua pelaksana BKI ke-43 Muchammad Nurif ST MT menuturkan bahwa kegiatan ini memiliki tujuan untuk mempertemukan lulusan ITS dengan dunia industri. Menurutnya kegiatan ini merupakan jembatan yang dapat menghubungkan perusahaan dengan wisudawan yang hendak mencari kerja. “Kedua pihak yang saling membutuhkan tersebut dapat terhubung di sini,” ujarnya. 

Gambar presentasi perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk

Perwakilan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk, Roy Sastika saat mempresentasikan perusahaannya pada Bursa Karir ITS ke-43

Lebih lanjut, dosen Departemen Studi Pembangunan ITS tersebut mengungkap bahwa kegiatan yang rutin digelar dua kali dalam setahun ini tidak terbatas hanya memfasilitasi jurusan atau bidang keilmuan tertentu saja. Pasalnya, kegiatan ini dihadiri oleh perusahaan dari berbagai lini, termasuk yang bergerak di bidang perbankan, desain, hingga manufaktur. “Kegiatan ini juga dihadiri perwakilan pascasarjana ITS,” imbuhnya. 

Untuk mewadahi pertemuan antara mahasiswa dan perusahaan tersebut, lanjut Nurif, tiap perusahaan yang hadir disediakan stan untuk memperkenalkan lingkup kerja dan mekanisme rekrutmen mereka. Tidak hanya itu, pada gelaran ini juga terdapat kesempatan untuk mengenalkan profil dan rekrutmen perusahaan pada sesi presentasi serta papan poster berisi informasi rekrutmen yang tersajikan berjajar tepat di sebelah pintu masuk. 

Kegiatan tersebut memperoleh respons positif dari mahasiswa karena berhasil menarik antusiasme 5.500 lebih pengunjung yang mendaftar secara daring lewat laman BKI. Nurif berharap kegiatan ini dapat mengurangi kesenjangan antara lulusan dengan perusahaan yang acap kali menjadi permasalahan penyerapan angkatan kerja di Indonesia. 

Gambar perwakilan BRI pada Bursa Karir ITS

Perwakilan Bank Rakyat Indonesia (BRI) ketika memperkenalkan program dan informasi rekrutmen

Pernyataan tersebut diamini oleh salah satu perwakilan Bank Rakyat Indonesia (BRI), Deny, yang turut hadir dalam kegiatan ini. Menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi perusahaan karena memungkinkan mereka merekrut staf yang kompeten dan berkualitas. “Kami sering jemput bola ke kampus-kampus terbaik untuk memperkenalkan program dan rekrutmen kami,” ucapnya. 

Bukan hanya itu, manfaat BKI ini pun dirasakan oleh salah satu mahasiswa ITS Denis Tiara Luthfia yang turut hadir dalam kegiatan ini. Menurutnya kegiatan ini dapat membantunya mengetahui gambaran dunia kerja dan persyaratan rekrutmen perusahaan. “Kegiatan ini bikin aku tahu hal apa saja yang dibutuhin sebelum daftar ke perusahaan,” seru mahasiswa Departemen Matematika ITS tersebut. (*)


Reporter: Mohammad Febryan Khamim

Redaktur: Ricardo Hokky Wibisono

Berita Terkait