ITS News

Jumat, 27 September 2024
25 September 2024, 21:09

Ekspresikan Kreativitas, BEM FTIRS ITS Hadirkan Festival Seni

Oleh : itszik | | Source : ITS Online
Foto penampilan mesin musis club di FSAF 2023

Foto penampilan mesin musis club di FSAF 2023

Kampus ITS, ITS News – Berikan ruang mengekspresikan kreativitas, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem Institut Teknologi Sepuluh Nopember (BEM FTIRS ITS) mengadakan Festival Seni Arek FTIRS (FSAF) 2024. Kegiatan yang bertempat di halaman Departemen Teknik Mesin ITS ini dimeriahkan oleh penampilan band seluruh departemen FTIRS, Sabtu (21/9).

Ketua Pelaksana FSAF 2024 Andhika Bima Raharja mengatakan, festival ini merupakan penutup dari rangkaian kegiatan Red Olympic Games (ROG)xFSAF 2024. ROG sendiri merupakan kompetisi olahraga tahunan se-FTIRS. Membawa tema Harmony in Motion, kedua kegiatan ini menyuguhkan kompetisi olahraga dan seni yang sarat akan nilai sportivitas, kreatif, serta kebersamaan  antar departemen di FTIRS.

Foto penonton FSAF 2024

Para penonton yang sedang menikmati lagu yang dibawakan oleh grup musik 25 hours

Menilik suasana di salah satu mata lomba, yakni Sound of FTIRS (SOF), antusiasme penonton tergambar begitu nyata. Di bawah pohon yang rindang, para penonton menikmati suguhan musik dari setiap band yang berkompetisi. Bersama riuh tepuk tangan, peserta SOF menampilkan lagu Satu-Satunya dari HIVI! yang dilanjutkan dengan dua lagu lainnya. “Dalam acara utama ini, band Mesin Music Club dari Teknik Mesin berhasil meraih juara satu,” ujar Bima, sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, salah satu peserta FSAF Bhremastari Pertiwi mengaku sangat antusias mengikuti FSAF sebagai festival seni pertamanya di ITS. Meskipun hanya latihan beberapa kali, tetapi ia dan rekan-rekannya optimis dan percaya akan memberikan penampilan yang terbaik. “Sejauh ini penampilan dari setiap jurusan itu bagus banget dan buat aku makin semangat aja gitu,” ucap vokalis grup musik 25 hours asal Departemen Teknik Material dan Metalurgi (DTMM) ITS itu sebelum tampil.

Andhika Bima Raharja (kiri) bersama para perwakilan pemenang salah satu cabang lomba ROG 2024

Andhika Bima Raharja (kiri) bersama para perwakilan pemenang salah satu cabang lomba ROG 2024

Beranjak dari SOF, terdapat dua kompetisi baru yang juga diusung pada ROGxFSAF 2024, yaitu maskot dan desain koreo. Kreativitas koreo yang ditampilkan pada pertandingan ROG yang berlangsung sejak Mei lalu menjadi penilaian utama pada kompetisi desain koreo. Di lain lomba, Aqellyna dari Departemen Teknik Kimia ITS berhasil memenangkan sayembara maskot dengan maskot burung bernama Lino. Maskot ini melambangkan persatuan dari lima departemen di FTIRS.

Menutup malam yang hangat nan meriah, kegiatan ini juga menjadi malam penganugerahan bagi para pemenang dari ROG 2024. Hasilnya, Departemen Teknik Material dan Metalurgi berhasil menyabet gelar juara umum pada kompetisi tersebut. Di akhir, kegiatan ini ditutup dengan apik oleh special performance dari Kubu Dansa yang menyajikan musik Electronic Dance Music (EDM) untuk para penonton. (*)

 

Reporter: Muhammad Aulia Zikra
Redaktur: Shafa Annisa Ramadhani

Berita Terkait