ITS News

Jumat, 27 September 2024
26 September 2024, 06:09

ITS Wujudkan Kampus Nyaman dan Produktif Lewat Quick Win

Oleh : itsdhii | | Source : ITS Online
foto BP saaat meninjau lingkungan sekitar tower 2

Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD (kanan) saat sedang meninjau kondisi lingkungan di sekitar Tower 2 ITS

Kampus ITS, ITS News — Pada tahun ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memulai era kepemimpinan baru dengan semangat juang yang tak kalah hebat dari pendahulunya. Di awal kepemimpinannya, Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD bertekad menjalankan program Quick Win yang dampaknya dapat dirasakan langsung oleh sivitas akademika ITS.

Pria yang akrab disapa BP tersebut menjelaskan, program ini ditargetkan rampung dalam 100 hari usai para Wakil Rektor ITS dilantik. Masa seratus hari ini terhitung sejak tanggal 1 Juli hingga 8 Oktober. “Oleh karena itu, kita perlu memilah beberapa agenda yang dapat dipercepat dan mampu diselesaikan dalam jangka waktu yang singkat,” terangnya usai melakukan peninjauan program, Rabu (25/9).

Melalui pertimbangan tersebut, beberapa agenda dipilih untuk dilaksanakan dalam program ini, salah satunya adalah toilet bersih. Menurut pria kelahiran Yogyakarta itu, toilet merupakan salah satu aspek yang menggambarkan potret suatu lingkungan. “Toilet bersih itu bisa mengindikasikan bahwa orang-orang di lingkungan tersebut merupakan orang yang bersih serta berkomitmen,” imbuhnya.

gambar memperhatikan toilet

Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD saat memeriksa hasil renovasi toilet di Departemen Matematika ITS

Demi mewujudkan agenda ini, ITS melakukan peninjauan terhadap seluruh toilet yang ada di ITS untuk memperoleh pemetaan kondisi toilet. Hasil dari pemetaan kondisi toilet ini nanti akan memberitahu toilet mana saja yang memerlukan perbaikan segera, sehingga perbaikannya dapat diprioritaskan. 

Lebih lanjut, agenda lain yang dilakukan pada program ini adalah menyediakan taman bersih dan nyaman untuk belajar, berdiskusi, atau sekadar beristirahat. “Kita membenahi taman-taman di ITS dan menyediakan fasilitas pendukung agar taman tersebut tidak hanya indah, tetapi juga nyaman untuk digunakan,” terang dosen Departemen Teknik Mesin ITS ini.

Tidak hanya itu, ITS juga memperhatikan kebutuhan sivitas akademikanya akan internet melalui  agenda seamless connectivity. Agenda ini merupakan upaya ITS dalam membenahi kualitas jaringan di lingkungan kampus, sehingga seluruh wilayah dapat terjangkau oleh WiFi ITS. Kemudian, sistem dari WiFi ITS juga dibenahi agar para pengguna cukup melakukan log in sekali tanpa harus mengulanginya setiap kali berpindah tempat.

gambar di main spine

Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD (kiri) saat sedang meninjau proses revitalisasi Main Spine

Selain tiga agenda di atas, masih terdapat sepuluh agenda lainnya yang menjadi fokus pada program Quick Win ini. Di antaranya adalah seragam untuk pegawai, ai powered campus, pengoperasian I-Car, pedestrian, way finding, safety riding, revitalisasi main-spine, jogging track infinITS, teaching and learning innovation, serta pembuatan seratus buku.

BP berharap, berbagai agenda yang dilakukan pada program Quick Win dapat dirasakan manfaatnya oleh sivitas akademika ITS. Dengan begitu, mereka merasa senang dan nyaman dengan suasana kampus sehingga produktivitasnya meningkat. “Ketika kita merasa nyaman, tentunya kita akan mampu bekerja dengan lebih baik,” tutur BP menyampaikan harapannya. (*)

 

Reporter: Muhammad Fadhil Alfaruqi
Redaktur: Nurul Lathifah

Berita Terkait