ITS News

Minggu, 29 September 2024
13 September 2006, 11:09

Gila Komputer, Webmaster ITS Lulus Cumlaude

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Saat upacara kelulusan wisudawan yang dihelat pada 16-17 September mendatang, terdapat nama salah satu webmaster ITS, Galih Satriaji. Yang unik, mahasiswa yang sehari-harinya bermukim di lantai 6 Perpustakaan Pusat ITS ini, lulus dengan IPK 3,64 dan berhak menyandang predikat cumlaude.

Galih tak menyangka bakal menyandang gelar cumlauder saat wisuda semester ganjil nanti. "Aku nggak pernah ingin jadi cumlaude, karena memang awal dulu tak mengejar IP," ungkapnya. Bagi mahsiswa jurusan Teknik Informatika angkatan 2002 ini, yang terpenting adalah pemahaman akan materi kuliah. "Yang penting ngerti materi dan bisa jalankan secara praktek, urusan nilai keluar berapa nggak ngurus," tegasnya kemudian.

Menilik lebih dalam, Galih memang sangat menyukai materi kuliah yang berbau programming. Bahkan kedekatannya dengan komputer membuat mahasiswa kelahiran Tulungagung, 1 Maret 1984, tak bisa lepas dari komputer walau hanya semalam. "Jangan ditanya lagi, melebihi dari pacar, semalaman nggak pegang komputer, tidur jadi nggak enak," komentar Galih meyakinkan.

Kegilaannya pada komputer ini terjadi sejak berada di semester dua."Dulu semester satu aku nggak ngerti blass. gara-garanya pas semester dua aku ngerti salah satu konsep program, tiba-tiba saja konsep jadi padang. Saat itu saya seneng sekali sampai jingkrak-jingkrak. Setelah itu jatuh cinta sama pemrograman, dilahap aja kalau ada yang berbau program," cerita putra Bapak Herri Sukijan ini menuturkan alasannya.

Sebagai penjaga pintu langit ITS, hingga saat ini Galih telah membuat sebelas program dan interface web lokal ITS. Seperti ITSOnline, Graha, Puskom, ITSPress, pusat bahasa, fasor, poliklinik, asrama, guesthost, pusat KLH LPPM dan NIIT center. Untuk di luar, anak kedua dari dua bersaudara ini mengaku pernah menggarap delapan hingga sepuluh situs. "Yang utama bukan gaji, tapi ada kepuasan tersendiri jika sistem itu dipakai, pengalamanku jadi lebih banyak," ungkap Galih menyatakan motivasinya.

Galih menjadi webmaster ITS sejak Oktober 2004. Kegiatannya di ITSNet malah mendukung kuliah Galih. Sebab, alumnus SMU negeri 1 Boyolangu Tulungagung ini mendapatkan fasilitas yang canggih untuk belajar sehingga sangat membantu kuliahnya. Galih menceritakan ada pengalaman menarik selama menjadi webmaster ITS. "Ketika SPMB 2005 lalu, kita diserang banyak pengunjung, sehingga server harus tetap kerja semalaman suntuk mele’an. Hot access-nya membludak, " papar Galih yang suka humor ini.

Untuk Tugas Akhir, Galih mengambil judul skripsi Implementasi Sistem Temu Kembali Citra Berdasarkan Histogram Parameter Fraktal, dengan dosen pembimbing Ruli Sulaiman SKom MKom. Mengenai harapan ke depan, Galih berangan-angan bahwa apa yang dirintisnyahingga sekarang, tidak terhenti sampai di sini saja. "Jika nanti aku nggak nangani ITS lagi, aku harapkan regenerasi yang lebih bagus," ujar Galih. (th@/rin)

Berita Terkait