ITS News

Minggu, 29 September 2024
13 Desember 2006, 19:12

Tidak Ada Persiapan, HMTL Menang

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ruang Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan yang terletak di antara ruang kelas Jurusan Teknik Lingkungan terlihat bersih dan rapi. Ditambah lagi dengan beberapa tanaman hias di ruang rapat himpunan yang terletak di sebelah kanan ruang himpunan, menambah indah dan asri pemandangan.

Rohandi, Ketua HMTL, yang ditemui ITS Online menceritakan bagaimana himpunannya memenangkan lomba tersebut. Ia menungkapkan bahwa sebelumnya ia dan staf himpunan tidak tahu bahwa penilaian yang dilakukan tanggal 7 Nopember lalu itu adalah penilaian Lomba Kebersihan Himpunan. Mereka mengira hanya diadakan Lomba Kebersihan Jurusan. Sehingga pada saat kerja bakti untuk persiapan lomba antar jurusan tersebut, ruang himpunan tidak ikut dibersihkan. "Saat itu juga sedang berlangsung ujian tengah semester ganjil, jadi tidak sempat bersih-bersih himpunan," paparnya.

Kebersihan, diakui Rohandi, merupakan salah satu prioritas utama himpunannya. “Di sini kami sebagai mahasiswa teknik lingkungan memang wajib untuk selalu menjaga kebersihan,” tambahnya. Rohandi pun selalu mengingatkan staf dan anggota HMTL untuk menjaga kerapian dan kebersihan ruang himpunannya yang berfungsi sebagai tempat kerja. Piket pun diadakan setiap minggu, bergilir bagi tiap departemen. Namun kemudian Rohandi mengaku piket belum berjalan secara maksimal karena terkadang departemen tidak menjalankan tugas tersebut.

Selain itu, di jurusan ini juga telah dilakukan pemilahan sampah. Seperti diketahui, program pemilahan sampah sudah berlangsung di Jurusan Teknik Lingkungan sejak tahun 2005. Para mahasiswa pun sudah terbiasa untuk membedakan sampah basah, kering, dan residu. Dan pada saat ini pemilahan sampah ditingkatkan lagi dengan memilah antara sampah kertas dan plastik

Kebersihan ruang himpunan ternyata tak hanya menjadi prioritas anggotanya. Pihak jurusan juga mendukung kebersihan ruang himpunan dengan memberikan dana untuk kebersihan yang dapat diambil sewaktu-waktu.

Darmawan, Menteri Departemen Pengabdian Masyarakat BEM ITS, yang ditemui ITS Online kemudian mengungkapkan alasan HMTL menjadi juara pertama lomba kebersihan tersebut. “Adanya tanaman hias di ruang rapat himpunan juga merupakan nilai tambah bagi HMTL,” ujarnya. Beberapa tanaman hias seperti paprika kuning dan bunga-bungaan, diakuinya, menambah kehijauan HMTL yang mempunyai slogan “ijo gak ijo pokok’e ijo” ini. (m4/ ftr)

Berita Terkait