ITS News

Jumat, 27 September 2024
06 Maret 2008, 16:03

Belum Wisuda, Sudah Kerja Tiga Tahun

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Bagi seorang lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi membutuhkan pemikiran dan kemauan yang kuat. Hal itu juga yang sempat membuat bimbang Gunawan ketika memutuskan untuk kuliah. "Orang tua saya sempat bilang bahwa lulusan SMK tidak perlu kuliah, langsung kerja saja," imbuhnya. Namun, karena memiliki kemauan keras, akhirnya ia memutuskan masuk ke program D3 Desain dan Konstruksi kapal PPNS. Hasilnya tak sia-sia, pada tahun 2004 ia lulus dengan predikat cumlaude karena IPK nya mencapai 3,63.

Ketika baru lulus D3, dirinya sempat mengajar pada sebuah bimbingan belajar di Surabaya. Pada saat itu juga, ia mendapat tawaran untuk bekerja di PT PAL. Tetapi ia masih ingin bekerja di bimbingan belajar tersebut. Namun, baru saja dua minggu bekerja di sana, Gunawan mendapat surat pemberhentian karena banyak diprotes muridnya. Saat itu, dirinya sempat putus asa karena merasa belum siap kerja.

Namun, dirinya mendapat inspirasi ketika bapak kos-nya menasehatinya."Kamu itu, sudah dikuliahkan jauh-jauh ke ITS, masa cuma gitu aja sudah menyerah?" ucapnya menirukan. Seperti mendapat angin segar, akhirnya Gunawan berusaha bangkit dan tak disangka, keesokan harinya, ia mendapat panggilan untuk menyusul teman-temanya yang telah bekerja di PT PAL Surabaya.

Pria kelahiran Tulungagung, 25 tahun yang lalu ini akhirnya bekerja sebagai Drafter Engineer selama setahun di PT PAL Surabaya. Ketika itu, statusnya di perusahaan tersebut adalah karyawan kontrak. Merasa belum mendapat kejelasan status, ia akhirnya pindah ke PT Meratus sebagai Safety Oficer. Ketika mulai meniti karir di perusahaan itu, dirinya ingin melanjutkan kuliah. Akhirnya Gunawan memilih melanjutkan studi Lintas Jalur di Jurusan Teknik K3 PPNS. Dirinya merasa enjoy untuk menangani kesehatan di lingkungan kerja. Seperti ketika lulus D3, ia berhasil menyelesaikan program lintas jalurnya dengan IPK 3,65.

"Waktu lulus SMK saya menyukai desain kapal, tapi waktu mulai kerja saya menyukai kesehatan dan lingkungan kerja, tidak tahu kedepan saya suka apalagi," ungkapnya. Memang ketertarikan dalam mencoba hal baru yang membuatnya memiliki cita-cita yang senantiasa berganti seiring perkembangan jaman. Ketika ditanya apa yang diperlukan oleh calon wisudawan sebelum terjun ke dunia kerja, ia menyarankan untuk sebisa mungkin memilih pergaulan yang terbaik. Tak jarang, masalah itu datang dari dalam diri kita sendiri. ”Sehingga, hal apa yang perlu diprioritaskan dapat kita selesaikan dengan baik,” pesannya. (mas/th@)

Berita Terkait