ITS News

Sabtu, 28 September 2024
15 Maret 2005, 12:03

Pemilu di Perumdos

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Meskipun tidak pernah terlihat adanya kegiatan parpol selama masa kampanye, namun masyarakat perumdos ITS tidak ingin melewatkan momen penting dalam kancah perpolitikan Indonesia. Demi kemudahan warga dalam beraspirasi, minimal didirikan satu TPS di setiap blok perumdos.

Di blok U misalnya. Disana didirikan 2 TPS untuk menampung aspirasi warga yang ingin berpartisipasi dalam pesta 5 tahunan tersebut. selain itu ada juga 3 TPS di blok T, 1 TPS di blok V, di asrama dan di beberapa blok lainnya. "Kami mendirikan 2 TPS yaitu TPS 23 dan 24, karena pertimbangan kami warga blok U saja sudah cukup banyak belum lagi jika ditambah dengan mahasiswa yang tidak pulang. Sehingga kami pikir waktunya tidak akan cukup jika hanya ada 1 TPS," ujar Kadarono, ketua KPPS.

Pendirian TPS di perumdos itu tidak hanya memudahkan penduduk tetap perumdos, tapi juga mahasiswa yang tinggal diperumdos dan sekitarnya. "Aku sengaja milih disini karena masih ada UTS. Dan untungnya saja tempatnya tidak jauh dari kost," ujar Rahma, mahasiswi Teknik Kimia '99 yang tinggal di blok U nomor 121. Hal serupa dilontarkan Nia yang memilih mencoblos di Surabaya karena didaerah asalnya, Kediri, namanya tidak terdaftar.

Pencoblosan yang dimulai sejak jam tujuh pagi berjalan lancar dan berakhir jam satu siang. Tepat jam 13.30 dimulailah penghitungan surat suara yang telah masuk. "Untuk penghitungan surat suara ini kami dibantu oleh beberapa orang saksi dari perwakilan parpol dan beberapa orang pemantau," kata lelaki yang tinggal di blok U no. 74 ini.

Kadarono mengaku, dirinya bersama 6 anggota KPPS yang lain dengan dibantu 2 orang dari lingkungan masyarakat harus menyiapkan TPS sejak H-2 pemilu dilaksanakan. Bahkan, untuk membagikan surat bukti pendaftaran pemilih telah dilakukannya sejak seminggu sebelum pelaksanaan pemilu.

"Semuanya berjalan dengan lancar. Hanya yang membedakan dengan pemilu sebelumnya, kalau sekarang ada nama calegnya, jadi kita juga harus menghitung nama calegnya. Dan penghitungan-penghitungan itu yang biasanya memakan waktu. Tapi Insya Allah, semuanya akan selesai sebelum maghrib dan malam ini juga akan kami kirim berita acaranya," tutur dosen ITATS ini.(sept/Lin)

Berita Terkait

ITS Media Center > Berita Utama > Pemilu di Perumdos